Program Kerja UN & US SMK Terpadu 2 YASPIDA - Jampang Media

Breaking

Senin, 13 April 2015

Program Kerja UN & US SMK Terpadu 2 YASPIDA


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Pelaksanaan suatu kegiatan baik di sekolah maupun di luar sekolah memerlukan suatu evaluasi untuk mengetahui berhasil tidaknya pelaksanaan kegiatan tersebut. Di sebuah lembaga pendidikan formal, dalam hal ini pendidikan sekolah, salah satu cara untuk mengevaluasi berhasil tidaknya sebuah proses pembelajaran adalah diadakannya pelaksanaan Ujian Nasional/ Ujian Sekolah yang dilaksanakan secara serempak pada tingkat akhir pembelajaran siswa di lembaga/sekolah tersebut.
Pemerintah, dalam hal ini Dinas Pendidikan Nasional telah membuat Standar Kelulusan untuk siswa/siswi Sekolah Tingkat Dasar dan Menengah dengan batasan nilai yang telah ditentukan. Hal ini dimaksudkan untuk mengukur Sumber Daya Manusia Indonesia dan untuk dijadikan bahan acuan dalam mengkaji sejauh mana kualitas pendidikan di Indonesia.
Sampai Tahun Pelajaran 2014/2015 ini, Pemerintah baru menjadikan Standar Kelulusan Nasional untuk Tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah dengan mengukur dari tiga bidang studi yang di-UN-kan, dengan batasan nilai yang telah ditetapkan. Kriteria kelulusan UN mengikutsertakan nilai sekolah, nilai sekolah adalah gabungan nilai rapor semester 1,2,3,4,5 dan ujian Sekolah. Penggabungan nilai UN dan Nilai Sekolah dilaksanakan pusat, kriteria kelulusan UN : Tidak ada nilai gabungan dibawah 4 dan rata – rata >= 5.50 dan khusus untuk SMK nilai mata pelajaran kompetensi kejuruan minimum 7,00
Diharapkan dengan diujikannya secara Nasional untuk tiga Bidang Studi ini, bisa mewakili kelulusan untuk Bidang Studi lain yang diajarkan di Sekolah. Ujian Nasional/Ujian Sekolah dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana daya serap siswa terhadap materi belajar yang telah disampaikan oleh guru bidang studi masing-masing sesuai batasan kurikulum yang berlaku.
Sistem yang digunakan dalam Ujian Nasional/Ujian Sekolah dengan cara tes tertulis dan praktek (Listeningkhusus untuk Bahasa Inggris). Pembuatan soal untuk Ujian Nasional langsung dari Dinas Pendidikan Nasional dan untuk Ujian Sekolah oleh Guru Bidang Studi masing-masing di Sekolah Penyelenggara atau dari MGMP Kabupaten/Kota.
Berdasarkan itu semua, maka SMK Terpadu 2 YASPIDA Sukabumi melaksanakan Ujian Nasional/Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2014/2015 sesuai dengan Kalender Pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat sesuai dengan Peraturan Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Nasional dan mengacu pada Peraturan Pemerintah yang berlaku.

  1. Dasar atau Landasan Hukum
Penyelenggaraan Ujian Nasional/Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2014/2015 berlandaskan kepada :
1.      Pasal 67 ayat (3), Pasal 71 dan Pasal 72 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
2.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 45 Tahun 2014 tentang Ujian Nasional/Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2014/2015.
3.      UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor  78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301).
4.      PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4496).
5.      Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tatakerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden RI Nomor 62 tahun 2005.
6.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2013 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
7.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
8.      Pentendiknas Nomor 45 Tahun 2014 tentang kriteria kelulusan satuan pendidikan dan Permendiknas Nomor 46 Tahun 2014 tentang pelaksanaan Ujian sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional SMK Tahun Pelajaran 2014/2015.
  1. Maksud dan Tujuan
Pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah SMK Terpadu 2 YASPIDA Sukabumi Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:
1.              Meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui jenjang pendidikan SMK.
2.              Melahirkan lulusan yang siap pakai baik secara teori (intelegensi) maupun praktek (skill).
3.              Mengevaluasi proses belajar mengajar selama tiga tahun terakhir.
4.              Memacu semangat belajar siswa dengan mengukur kemampuan masing-masing siswa terutama di tiga Bidang Studi yang di-UN-kan.
5.              Meningkatkan efektivitas penilaian belajar siswa selama tiga tahun terakhir baik secara teori maupun praktek.
6.              Sebagai bahan acuan bagi Sekolah dan Guru Bidang Studi dalam meningkatkan kualitas kemampuan siswa terutama untuk tiga bidang studi yang di-UN-kan.
7.              Mengukur kualitas SDM Sekolah dengan pencapaian nilai lulusan yang memuaskan.

  1. Ruang Lingkup
Pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah di SMK terpadu 2 YASPIDA Sukabumi tahun pelajaran 2014/2015 mencakup unsur-unsur sebagai berikut:
1.                  Panitia POKJA, ditentukan dalam rapat kerja Kepala Sekolah bersama dewan guru dan staf di lingkungan SMK Terpadu 2 YASPIDA dan disahkan oleh pengurus Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Darussyifa Al-Fitrat Perguruan YASPIDA Sukabumi, dalam hal ini Ketua Yayasan dan Ketua Dewan Pembina Yayasan.
2.                  Peserta Ujian Nasional/Ujian Sekolah adalah siswa/siswi SMK Terpadu 2 YASPIDA Sukabumi yang tercatat sebagai siswa tingkat akhir atau kelas XII pada Tahun Pelajaran 2014/2015 dan memenuhi syarat secara administrasi yang ditentukan; baik ketentuan secara Nasional maupun ketentuan Sekolah. Jumlah peserta sebanyak 127 Orang.
3.                  Guru Bidang Studi yang diujikan, yang mengajar tiga Bidang Studi (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika) di Kelas XII SMK Terpadu 2 YASPIDA Sukabumi, yang telah melaksanakan Program pemadatan materi di luar jam pelajaran sekolah.
4.                  Kegiatan yang mendukung kepada peningkatan kualitas belajar siswa. Seperti Rencana Pengayaan, Bimbingan untuk materi Uji Kompetensi, kegiatan keagamaan yang dapat membantu memotivasi siswa secara rohani dan secara psikologis.
5.                  Bimbingan-bimbingan yang disampaikan oleh semua pihak kepada siswa peserta ujian yang sifatnya tidak terikat oleh ruang dan waktu.


  1. Hasil yang diharapkan
Sesuai dengan maksud dan tujuan dilaksanakannya Ujian Nasional/Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2014/2015, harapan dan target Kami pihak sekolah dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah ini adalah :
1.        Secara Akademis, target pencapaian tujuan dalam pelaksanaan UN ini adalah kelulusan semua peserta UN dengan Standar Kelulusan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Yakni Peserta UN dinyatakan lulus dengan kriteria kelulusan UN mengikutsertakan nilai sekolah, nilai sekolah adalah gabungan nilai rapor semester 1,2,3, 4,5 dan ujian sekolah, penggabungan nilai UN dan nilai sekolah dilaksanakan di pusat, kriteria kelulusan UN : tidak ada nilai gabungan di bawah 4 dan rata – rata >= 5,50 khusus SMK nilai kompetensi keahlian harus apabila memiliki nilai rata-rata minimum 7,00 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan tidak ada nilai di bawah 4,25; dan khusus untuk SMK nilai mata pelajaran kompetensi kejuruan minimum 7,00.
2.        Secara Psikologis, dengan pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan kemampuan daya analisa terhadap permasalahan yang dihadapi.
3.        Membuat dan mengetahui perkembangan data statistik kualitas lulusan melalui nilai hasil ujian.
4.        Meningkatkan kreatifitas guru dalam menentukan metode yang variatif dalam penyampaian materi pembelajaran.
5.        Mendorong/memotivasi kreatifitas siswa dalam menerima dan memahami materi pelajaran.
6.        Melahirkan lulusan yang berkualitas secara intelektual/keilmuan maupun skill/kemampuan mengaplikasikan ilmu dalam kehidupan nyata.



BAB II
PROSEDUR PELAKSANAAN


  1. Laporan Pengayaan
Program Pengayaan adalah tambahan jam pelajaran untuk tiga bidang studi yang akan di-UN-kan. Dilaksanakan mulai tanggal  12 Januari  2015 sampai dengan 11 April 2015. Laporan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mencapai target kelulusan maksimal dan menambah pengetahuan siswa dalam materi tiga bidang studi yang diujikan dalam Ujian Nasional.
Guru pada Program pengayaan tersebut adalah Guru tiga Bidang Studi yang di-UN-kan, yang mengajar di kelas XII. Hal ini dimaksudkan supaya siswa dapat mengikuti metode pembelajaran dengan mudah sesuai dengan kebiasaan yang dipakai oleh tiga guru bidang studi tersebut. Kemudahan bagi Sekolah maupun bagi Guru tiga Bidang Studi, yakni; supaya peningkatan prestasi belajar siswa dapat diukur secara kontinyu dan perkembangannya dapat dipantau dengan baik.

  1. Proses Pelaksanaan
1.      Bahan Ujian Sekolah/Ujian Nasional
1.1  Jumlah butir soal dan alokasi waktu adalah sebagai berikut:
1.1.1 Ujian Sekolah
No.
Mata Pelajaran
Ujian Tulis
Ujian Praktek
Ket.
Jumlah Soal
Alokasi Waktu
Jumlah Soal
Alokasi Waktu

1
Pendidikan Agama **)
50
90
**
**

2
PKn
50
90
-
-

3
Seni Budaya
-
-
**
**

4
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
-
-
**
**

5
Bahasa Indonesia
50
120
**
**

6
Bahasa Inggris
50
120
-
-

7
Matematika
40
120
-
-

8
IPA
50
90
-
-

9
IPS
50
90
-
-

10
Fisika
40
90
**
**

11
Kimia
40
90
**
**

12
Biologi
50
90
**
**

13
KKPI
-
-
**
**

14
Kewirausahaan
50
90
-
-

15
Kompetensi Keahlian
50
90
-
-

16
Mulok (antara lain) :






a. Bahasa Asing Pilihan *)
50
90
-
-

b. Bahasa Sunda *)
50
90
-
-

c. PLH *)


**
**


1.1.2 Ujian Nasional
No
Mata Pelajaran
Jumlah Butir Soal
Alokasi Waktu
LC
PG
Jumlah
1
Bahasa dan Sastra Indonesia
-
50
50
120 menit
2
Bahasa Inggris
15
35
50
120 menit
3
Matematika
-
40
40
120 menit
4
Uji Kompentesi  Keahlian
-
50
50
120 Menit

1.2  Sampul naskah soal Ujian Nasional/Ujian Sekolah dan LJUN/LJUS adalah 6 Sampul Besar dan 3 Amplop Kecil.

2.      Jadwal Ujian Nasional/Ujian Sekolah
2.1 Ujian Nasional dilakukan dua kali yang masing-masing terdiri atas Ujian Nasional Utama dan Ujian Nasional Susulan.
2.1.1 Jadwal Ujian Nasional Utama
No
Hari dan Tanggal
Jam/Waktu
Mata Pelajaran
1
Senin, 13 April 2015
07.30 – 09.30
Bahasa dan Sastra Indonesia
2
Selasa, 14 April 2015
07.30 – 09.30
Matematika
3
Rabu, 15 April 2015
07.30 – 09.30
10.00 – 12.30
Bahasa Inggris dan Teori Kompetensi
4
Kamis, 16 April 2015
07.30 – 09.30
Uji Kompentesi Keahlian
           



2.1.2 Jadwal Ujian Nasional Susulan
No
Hari dan Tanggal
Jam/Waktu
Mata Pelajaran
1
Senin, 20 April 2015
07.30 – 09.30
Bahasa dan Sastra Indonesia
2
Selasa, 21 April 2015
07.30 – 09.30
Matematika
3
Rabu, 22 April 2015
07.30 – 09.30
Bahasa Inggris
4
Kamis, 23 April 2015
07.30 – 09.30
Uji kompetensi Keahlian

2.2   Ujian Nasional/Ujian Sekolah Susulan hanya berlaku bagi peserta didik yang sakit atau berhalangan dan dibuktikan dengan surat keterangan sah.
2.3    Ujian Nasional/Ujian Sekolah dilaksanakan secara serentak.
2.4    Uji Kompetensi dilaksanakan pada tanggal 23 Maret s.d 28 Maret 2015.
2.5    Ujian Praktek dilaksanakan pada tanggal 9  s.d 14 Maret 2015
2.6    Ujian Sekolah
2.6.1 Ujian Sekolah Utama
No
Hari dan Tanggal
Jam/Waktu
Mata Pelajaran
1
Senin, 23 Maret 2015
07.30 – 09.00
PAI
09.30 – 11.00
PKn
2
 Selasa, 24 Maret 2015
07.30 – 09.30
Matematika
10.00 – 11.30
Kewirausahaan
3
Rabu, 25 Maret 2015
07.30 – 09.30
Bahasa Indonesia
4
Kamis, 26 Maret 2015
07.30 – 09.30
Bahasa Inggris
5
Jumat, 27 Maret 2015
07.30 – 09.00
IPA
09.30 – 11.00
Bahasa Arab
6
Sabtu, 28 Maret 2015
07.30 – 09.00
Kompetensi Kejuruan
09.30-11.00
IPS



3.  Pengolahan Hasil Ujian Nasional/Ujian Sekolah
3.1 Pengumpulan Hasil Ujian Nasional
a.   Penyelenggara Tingkat Sekolah mengumpulkan LJUN dari pengawas ruang ujian.
b.   Penyelenggara Tingkat Sekolah mengirimkan LJUN hasil Ujian Nasional kepada Penyelenggara Tingkat Kabupaten Pendidikan disertai dengan berita acara serah terima.
3.2 Pengolahan Hasil Ujian Nasional
Pengolahan hasil Ujian Nasional dilaksanakan oleh Pusat Penilaian Provinsi.
3.3 Pengolahan Hasil Ujian Sekolah
a.   Hasil ujian tertulis tiap-tiap mata pelajaran diperiksa dan dinilai oleh 2 (dua) orang guru.
b.   Pemeriksaan ujian tertulis dilakukan di sekolah.
c.   Pelaksanaan penilaian hasil ujian dilaksanakan secara objektif.
d.   Nilai akhir hasil ujian tertulis merupakan rata-rata dari nilai pemeriksa I dan pemeriksa II. Jika terjadi perbedaan nilai sama atau lebih dari 2,00 maka diperlukan pemeriksa III. Dan rata-rata dari ketiganya dijadikan nilai akhir.
e.   Penilaian hasil ujian perkatek dilakukan oleh guru/tim guru yang bersangkutan.
f.    Nilai akhir ujian tulis dan ujian praktek tidak digabungkan.

4.      Pembagian Ruang
Ruang pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah SMK Terpadu 2 YASPIDA Sukabumi Tahun Pelajaran 2014/2015 dibagi menjadi 9 ruang; Ruang 1 sebanyak 10 peserta, Ruang 2 sebanyak 13 peserta, Ruang 3 sebanyak 10 peserta, Ruang 4 sebanyak 12 peserta, Ruang 5 sebanyak 20 peserta dan ruang 6 sebanyak 20, Ruang 7 sebanyak 20,  Ruang 8 sebanyak 10,  Ruang 9 sebanyak 13 (Denah Ruang/tempat duduk terlampir).



5.      Pengawas Ujian Nasional/Ujian Sekolah
5.1 Pengawas Ruang
Pengawas Ruang Ujian Nasional/Ujian Sekolah dilaksanakan secara silang antar SMK se-Kabupaten Sukabumi sebanyak 2 orang untuk masing-masing ruangnya.
5.2 Pengawas Independen
Ujian Nasional dilakukan secara objektif, berkeadilan, dan akuntabel. Untuk meningkatkan objektivitas pelaksanaan UN sesuai dengan Permendiknas Nomor 45 Tahun 2014 tentang UN, maka SMK terpadu 2 YASPIDA Sukabumi menggunakan Pengawas Independen dalam pelaksanaan Ujian Nasional yang ditugaskan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten.
5.2.1 Persyaratan Keanggotaan Tim Pemantau/Pengawas Independen
1.      Dosen Perguruan Tinggi Negeri dan widyawiswara LPMP yang ditetapkan oleh BSNP
2.      Daerah yang tidak terdapat PTN dapat ditugaskan dosen PTN terdekat dan/atau Dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS)
3.      Di daerah yang memiliki keterbatasan jumlah dosen PTN dan PTS dapat digunakan anggota asosiasi profesi pendidikan non-guru
4.      Anggota TPI harus memiliki integritas pribadi dan mampu menjaga kerahasiaan dalam melaksanakan tugasnya serta bersedia menandatangani kontrak kerja dengan koordinator TPI Tingkat Provinsi atas nama BSNP.
5.      Anggota TPI bersedia melaksanakan tugas kegiatan pemantauan sesuai dengan jadwal.

6.      Tata Tertib Peserta
Tata tertib peserta yang berlaku sesuai juklak dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dalam Petunjuk Teknis Operasional Ujian Nasional/Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah SMA/SMK dan MA Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2014/2015 (Teks Tata Tertib Terlampir).
           

BAB III
PENGORGANISASIAN


A.       Susunan Panitia
1. Penanggung Jawab    :  Kepala Sekolah
   (H.Nandang Irawan, S.Pd.I, M.Pd)
2. Ketua Pelaksana        :  Asep Abdullah Fitri, SE
3. Sekretaris                   :  Andri Riyandi, S.Pd 
                                          Asep Hendri, A.Md
4. Bendahara                 :  Neni Gustini Alawiyah, SE
                                          Ameliya Ridha
5. Anggota                     :  Yandi Ferdiansyah, S.Pd
                                          Nur Rohmah, S.Pd
                                          Eka Mulyasari, S.Si
                                          Wisnu Megantoro
                                          Muhammad Aldiansyah, S.Kom
           














  1. Struktur Organisasi Kepanitiaan

Anggota
 


  1. Job Description
Ketua Penyelenggara:
1.      Bertanggung jawab dalam penyelenggaraan Ujian Nasional/Ujian Sekolah
2.      Mengadakan konsultasi atau rapat-rapat dengan pihak terkait.
3.      Menentukan job description atau uraian rincian tugas-tugas POKJA.
4.      Mengawasi efektivitas pelaksanaan tugas POKJA dan kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah
5.      Melaporkan penyelenggaraan Ujian Nasional/Ujian Sekolah kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan kepada Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Daarussyifa Al-Fitrat Perguruan YASPIDA Sukabumi.
6.      Mengevaluasi seluruh rangkaian kegiatan Ujian Nasional/Ujian Sekolah.



Ketua Pelaksana:
  1. Bertanggung jawab atas segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah
  2. Mengatur kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah, baik dalam menentukan peserta ruang maupun dalam menentukan pengawas ruang.
  3. Melaporkan Data Siswa peserta Ujian Nasional kepada K3S dalam bentuk entri data model US-1
  4. Mengikuti rapat dinas yang diselenggarakan oleh K3S atau Dinas Pendidikan yang berhubungan dengan UN/US
  5. Bertanggung jawab dalam seluruh kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan Ujian Nasional/Ujian Sekolah kepada Penanggung Jawab atau Ketua Penyelenggara.

Sekretaris:
  1. Membuat Laporan Kerja pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah
  2. Mengarsipkan semua berita acara pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah dan atau arsip-arsip lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah
3.      Mengumpulkan dan mengentri nilai untuk bidang studi yang di-US-kan untuk diserahkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten sebagai bahan acuan untuk pengentrian Nilai Ujian Nasional oleh Dinas Pendidikan Provinsi.
4.      Membuat laporan pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah.

Bendahara:
  1. Membuat anggaran biaya pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah
  2. Mengeluarkan dana sesuai anggaran dan kepentingan Ujian Nasional/Ujian Sekolah
  3. Membuat laporan penerimaan dan pengeluaran biaya Ujian Nasional/Ujian Sekolah
  4. Melaporkan rekapitulasi penerimaan dan pengeluaran dana Ujian Nasional/Ujian Sekolah kepada Ketua Panitia untuk diteruskan kepada Ketua Yayasan.

Anggota:
  1. Membantu secara umum dalam persiapan, pelaksanaan dan finishing kegiatan Ujian Nasional/Ujian Sekolah
  2. Menyiapkan dan merapikan semua peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam pelaksanaan Ujian Nasional/Ujian Sekolah

  1. Peserta Ujian Nasional/Ujian Sekolah
  1. Setiap peserta didik yang belajar pada tahun terakhir di SMK Terpadu 2 YASPIDA Sukabumi Tahun Pelajaran 2014/2015
  2. Siswa SMK Terpadu 2 YASPIDA Sukabumi yang telah mengikuti pembelajaran Bidang Studi yang diujikan secara Nasional
  3. Siswa SMK Terpadu 2 YASPIDA Sukabumi yang memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar
  4. Siswa SMK Terpadu 2 YASPIDA Sukabumi yang memiliki STTB/Ijazah SLTP
  5. Siswa SMK Terpadu 2 YASPIDA Sukabumi yang telah memenuhi persyaratan administrasi di Sekolah.









BAB IV
PENUTUP

            Al-Hamdulillah, dengan izin dan ridla Allah SWT serta partisipasi dari semua pihak, akhirnya penyusunan Laporan Kerja Ujian Nasional/Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2014/2015 telah selesai kami susun.
            Segala bentuk kesalahan dan kekeliruan yang terdapat dalam Laporan Kerja ini merupakan kekurangan kami selaku tim POKJA Ujian Nasional/Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2014/2015 di SMK Terpadu 2 YASPIDA Sukabumi.
            Oleh karenanya, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan untuk perbaikan kedepan.
            Akhirnya, kami atas nama POKJA Ujian Nasional/Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2014/2015 di SMK Terpadu 2 YASPIDA Sukabumi, mohon maaf kepada semua pihak yang dirugikan atas kealfaan dan kekhilafan kami selama persiapan, pelaksanaan, dan dalam finishing pelaksanaan ujian ini.
            Terima kasih yang tak terhingga Kami sampaikan, kepada Tim POKJA atas kerjasama dan kebersamaannya dalam melaksanakan tugas, kepada dewan Guru SMK Terpadu 2 YASPIDA Sukabumi, khususnya Wali Kelas dan Guru Bidang Studi Kelas XII, dan kepada semua siswa yang telah mematuhi dan mentaati semua tata tertib yang dibuat oleh panitia.
            Kepada Allah bermuara semua yang telah kami perbuat, dengan harapan selalu dalam ridla dan naungan rahmat-Nya, sekecil apa pun kegiatan yang kami laksanakan mudah-mudahan menjadi investasi amal sholeh untuk bekal di kehidupan yang abadi dan haqiqi. Aamiin…  Yaa… Robbal-“Aalamiin……………
            Hasbunallah wa ni’mal wakiel………………..
            Al-Hamdulillahi Robbil – ‘Aalamiin……………

TIM PENYUSUN LAPORAN POKJA UN/US
SMK TERPADU 2 YASPIDA SUKABUMI
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar