Alat-alat Praktek Formulasi Ransum - Jampang Media

Breaking

Minggu, 31 Mei 2015

Alat-alat Praktek Formulasi Ransum

  1. Neraca atau timbangan digital
Neraca atau timbangan digital biasanya digunakan untuk mengukur massa benda sebelum atau sesudah suatu aktivitas pengujian. Penggunaan alat ini digunakan untuk menentukan berat bahan sebelum dan atau sesudah sesuatu aktivitas pengujian dilakukan Berbagai jenis dan bentuk timbangan atau neraca yang dipergunakan dalam aktivitas pengujian.
  1. Eksikator
Eksikaotr juga merupakan alat penting untuk kegiatan praktikum yang dilakukan dalam laboratorium digunakan untuk mendinginkan sampel biasanya sampel tersebut yang telah melalui proses pemanasan atau pengurangan kadar air didalam oven lalu setelah itu didinginkan dengan menggunakan alat ini dengan waktu sekitar 10-20 menit proses pendinginan.
  1. Cawan Porselin
Cawan atau sebagai wadah yang berbentuk seperti cangkir dengan penutup lengkap biasanya dipergunakan untuk tempat zat-zat ataupun bahan-bahan yang digunakan untuk praktikum baik itu untuk tempat perlakuan pemanasan atau tempat pereaksi bahan-bahan yg terdapat didalamnya selama proses berlangsung.
  1. Oven
Oven biasanya digunakan ibu-ibu untuk membuat kue, akan tetapi dalam kegiatan praktikum yang dilakukan dilaboratorium dimana dipergunakan untuk membuat bahan kering suatu bahan sampel yang diperlukan pada kegiatan praktikum berlangsung atau untuk menurunkan kadar air yang ada pada bahan pakan (segar) biasanya digunakan dengan suhu 1050C dgn waktu  bervariasi.
  1. Tanur
Proses kegiatan pengurangan kadar air dilakukan didalam oven, dan pendinginan didalam eksikator, sedangkan tanur digunakan sebagai alat membuat abu, alat ini disebut alat pemanas (500-6000C) tetapi sebelum bahan dimasukkan kedalam tanur biasanya bahan yang diperguankan harus dipijarkan terlebih dahulu agar sewaktu didalam tanur tidak terjadi pengepulan asap tebal yang dapat mengganggu proses pengabuan dan merusak alat tersebut.
  1. Peralatan Gelas
Peralatan-peralatan gelas terdiri dari bermacam-macam seperti contoh gelas ukur, gelas piala, beker glas, labu ukur, labu erlenmeyer, labu destilasi, labu destruksi, dan berbagai macam lainnya yang fungsinya tidak jauh berbeda satu sama lain yaitu untuk mengukur takaran benda cair, sebagai tempat untuk proses pemindahan zat-zat dan lain-lain.
  1. Peralatan Penyaring
Penyaringan adalah proses pembersihan suatu zat-zat cair dari kotoran atau campuran zat atau benda kasar terdapat didalamnya biasanya penyaring tersebut berupa kertas saring, kertas saring juga bermacam-macam ada kertas saring yang terdapat kandungan lemaknya, ada juga kertas saring bebas lemak untuk  menyaring  larutan agar terbebas dari lemak, dan macam-macam bentuk namun yang paling sering ditemui yaitu berbentuk bulat, tipis dan berwarna putih.
  1. Penjepit
Alat yang paling sering diperguanakan untuk mengambil benda seperti tabung reaksi, zat atau bahan yang telah ditimbang dan kertas saring yang telah ditimbang, tidak boleh diambil menggunakan tangan langsung, karena dapat mempengaruhi berat timbangan yang telah ditimbang untuk proses perlakuan berikutnya.
  1. Buret
Buret juga alat penunjag praktikum yang sangat penting kedunaanya yang sering dilakukan sehingga membuat alat ini juga selalu harus ada didalam laboratorium biasanya digunakan sebagai alat pentitrasi untuk mengetahui jumlah Nitrogen yang terdapat dalam zat atau bahan pakan.
  1. Alat Soket

Alat soklet juga sangat diperlukan, dngan berbagai proses alat ini sangat berpengaruh biasanya dipergunakan untuk destilasi larutan yang akan diperguanakan dalam kegiatan praktikum yang sedang berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar