RPP PPL qurdis Kelas VII & VIII - Jampang Media

Breaking

Kamis, 25 Februari 2016

RPP PPL qurdis Kelas VII & VIII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA MADRASAH : MTs JAMIYYATUL MUTAALIMIN
MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADIS
KELAS / SEMESTER : VII / GENAP
ALOKASI WAKTU : 2 JP (2 x 40 Menit)
PERTEMUAN KE : 1 (SATU)

A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tengtang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ tori

B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menyadari pentingnya sikap tasamuh
2.1 Memiliki sikap tasamuh sesuai isi kandungan surat al-kafirun (109), Q.S al-bayyinah (98) dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
3.1  Memahami isi kandungan surat al-kafirun (109) dan Q.S al-bayyinah (98) tentang toleransi dan membangun kehidupan umat beragama

C. INDIKATOR
1. Membaca Q.S al-kafirun dan Q.S al-bayyinah
2. Menerjemaahkan Q.S al-kafirun dan Q.S al-bayyinah
3. Menjelaskan isi kandungan Q.S al-kafirun dan Q.S al-bayyinah tentang toleransi
4. Mengaitkan isi kandungan Q.S al-kafirun dan Q.S al-bayyinah tentang toleransi dengan fenomena kehidupan



D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Selama dan sesudah pembelajaran berakhir diharapkan peserta didik mampu Membaca, menerjemaahkan dan menjelaskan isi kandungan Q.S al-kafirun dan Q.S al-bayyinah tentang toleransi

E. MATERI POKOK
1. Pengertian toleransi dan panatisme
2. Isi kandungan Q.S al-kafirun dan Q.S al-bayyinah

F. Metode pembelajaran :
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi

G. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
1. Pendahuluan (15 menit)
a. Guru dan siswa sama-sama membaca do’a
b. Guru memperkenalkan diri kepada siswa
c. Guru mengabsen siswa
d. Mengkondisikan kelas (mengatur bangku + meja, melihat kerapihan siswa)
e. Memberikan motivasi
2. Kegiatan inti (50 menit)
a. Siswa membaca Q.S al-kafirun dan Q.S al-bayyinah beserta terjema’ahannya
b. Siswa merumuskan beberapa point penting terkait toleransi dan panatik
c. Guru menjelaskan materi tentang pengertian toleransi dan panatisme
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
e. Guru bertanya kepada siswa tentang materi yang sudah disampaikan
3. Kegitan penutup (15 menit)
a. Siswa menyimpulkan materi toleransi dan panatisme
b. Guru menjelaskan kembali materi toleransi dan panatisme
c. Guru menginformasikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan selanjutnya

H. Alat / sumber belajar (media)
1. Buku siswa Al-Qur’an Hadis MTs kelas VII semester II, Kemenag 2014, Jakarta
I. Penilaian
1. Catatan – Jurnal
2. Penilaian diri
3. Penilaian sejawat


Mengetahui Sukabumi, 02 Februari 2016
Guru Pamong, Guru Praktikan,



Tatang Suhendra, S.Pd.I Samsun

Mengetahui,
Kepala MTs Jamiyyatul Muta’allimin Dosen Pembimbing



EHanaviah, S.Ag., MM Drs. Ahmad Sopandi, M.Ag





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA MADRASAH : MTs JAMIYYATUL MUTAALIMIN
MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADIS
KELAS / SEMESTER : VIII / GENAP
ALOKASI WAKTU : 2 JP (2 x 40 Menit)
PERTEMUAN KE 3 (Tiga)

J. STANDAR KOPETENSI
5. Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan

K. KOMPETENSI DASAR
5.1 Menerapkan hukum bacaan lam dan ro’ dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takatsur

L. INDIKATOR
Menjelaskan hukum bacaan lam dan ro’
Mengidentifikasi hukum bacaan lam dan ro’dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takatsur
Mengaplikasikan hukum bacaan lam dan ro’dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takatsur

M. TUJUAN PEMBELAJARAN
Selama dan sesudah pembelajaran berakhir diharapkan siswa mampu menerapkan hukum bacaan lam  dan ra’ dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takasur

N. MATERI POKOK
Merumuskan hukum bacaan lam dan ro’
Menjelaskan hukum bacaan ra’ Tarqiq, Tafkhim, dan Jawazul Wajhaini beserta contohnya
O. Metode pembelajaran :
4. Menulis 
5. Menejelaskan
6. Latihan

P. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
4. Pendahuluan (15 menit)
f. Guru dan siswa sama-sama membaca do’a
g. Guru memperkenalkan diri kepada siswa
h. Guru mengabsen siswa
i. Mengkondisikan kelas (mengatur bangku + meja, melihat kerapihan siswa)
j. Memberikan motivasi
5. Kegiatan inti (50 menit)
f. Siswa menulis hukum bacaan ra’ dan contohnya
g. Guru menjelaskan hukum bacaan ra’ dan contohnya
h. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
i. Guru meminta siswa untuk memberikan contoh hukum bacaan ra
j. Guru bertanya kepada siswa tentang materi yang sudah disampaikan
6. Kegitan penutup (15 menit)
d. Guru menjelaskan kembali materi hukum bacaan ra
e. Guru menginformasikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan selanjutnya

Q. Alat / sumber belajar (media)
2. Al-Qur’an Hadis MTs kelas VIII Standar isi 2008

R. Penilaian
4. Tes Tulis
5. Tes Lisan
6. Penilaian diri



Mengetahui Sukabumi, 08 Februari 2016
Guru Pamong, Guru Praktikan,



Tatang Suhendra, S.Pd.I Samsun

Mengetahui,
Kepala MTs Jamiyyatul Muta’allimin Dosen Pembimbing



E. Hanaviah, S.Ag., MM Drs. Ahmad Sopandi, M.Ag









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA MADRASAH : MTs JAMIYYATUL MUTAALIMIN
MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADIS
KELAS / SEMESTER : VII / GENAP
ALOKASI WAKTU : 2 JP (2 x 40 Menit)
PERTEMUAN KE 5 (Lima)

S. KOMPETENSI INTI
5. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
6. Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
7. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tengtang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
8. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ tori

T. KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami isi kandungan Q.S. al- Kafirun (109), Q.S al-Bayyinah (98)  tentang toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره 
dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
U. INDIKATOR
3.1.1 Menterjemahkan surah  al-Kafirun 
3.1.2 Menjelaskan kandungan  surah al-Bayyinah
3.1.3 Menterjemahkan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
3.1.4 Menjelaskan isi kandungan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a
3.1.5 Menyimpulkan hasil kajian ayat atau hadis


V. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu : 
1. Membaca, menerjemaahkan dan menjelaskan isi kandungan Q.S al-kafirun dan Q.S al-bayyinah tentang toleransi,
2. Menulis, menerjemaahkan dan menghafal hadis riwayat ahmad, turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA
(خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره) dan hadis riwayat Muslim dari anas bin malik (والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه) tentang toleransi

W. MATERI POKOK
3. Hadis tentang toleransi
A. خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
B. والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه

X. Metode pembelajaran :
7. Ceramah
8. Diskusi 

Y. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
7. Pendahuluan (15 menit)
k. Guru dan siswa sama-sama membaca do’a
l. Guru mengabsen siswa
m. Mengkondisikan kelas (mengatur bangku + meja, melihat kerapihan siswa)
n. Memberikan motivasi
8. Kegiatan inti (55 menit)
k. Siswa menulis hadis tentang toleransi beserta artinya
l. Siswa mendiskusikan hadis yang berkaitan dengan toleransi
m. Siswa membacakan hasil diskusinya
n. Guru menjelaskan hadis yang berkaitan dengan toleransi
o. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
9. Kegitan penutup (10 menit)
f. Guru menjelaskan kembali materi toleransi dan panatisme
g. Guru menginformasikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan selanjutnya

Z. Alat / sumber belajar (media)
3. Buku siswa Al-Qur’an Hadis MTs kelas VII semester II, Kemenag 2014, Jakarta

AA. Penilaian
7. Diskusi 
8. Paparan hasil diskusi
9. Penilaian Sikap sosila dan spiritual

Mengetahui Sukabumi, 09 Februari 2016
Guru Pamong, Guru Praktikan,



Tatang Suhendra, S.Pd.I Samsun

Mengetahui,
Kepala MTs Jamiyyatul Muta’allimin Dosen Pembimbing



E. Hanaviah, S.Ag., MM Drs. Ahmad Sopandi, M.Ag
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA MADRASAH : MTs JAMIYYATUL MUTAALIMIN
MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADIS
KELAS / SEMESTER : VIII / GENAP
ALOKASI WAKTU : 2 JP (2 x 40 Menit)
PERTEMUAN KE 7 (Tujuh)

AB. STANDAR KOPETENSI
6. Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan

AC. KOMPETENSI DASAR
5.1 Menerapkan hukum bacaan lam dan ro’ dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takatsur

AD. INDIKATOR
Menjelaskan hukum bacaan lam dan ro’
Mengidentifikasi hukum bacaan lam dan ro’dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takatsur
Mengaplikasikan hukum bacaan lam dan ro’dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takatsur
AE. TUJUAN PEMBELAJARAN
Selama dan sesudah pembelajaran berakhir diharapkan siswa mampu menerapkan hukum bacaan lam  dan ra’ dalam Q.S Al-Humazah dan At-Takasur

AF. MATERI POKOK
Merumuskan hukum bacaan lam dan ro’
Menjelaskan hukum bacaan ra’ Tarqiq, Tafkhim, dan Jawazul Wajhaini beserta contohnya
AG. Metode pembelajaran :
9. Menulis 
10. Menejelaskan
11. Latihan

AH. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
10. Pendahuluan (15 menit)
o. Guru dan siswa sama-sama membaca do’a
p. Guru memperkenalkan diri kepada siswa
q. Guru mengabsen siswa
r. Mengkondisikan kelas (mengatur bangku + meja, melihat kerapihan siswa)
s. Memberikan motivasi
11. Kegiatan inti (50 menit)
p. Siswa menulis hukum bacaan ra’ dan contohnya
q. Guru menjelaskan hukum bacaan ra’ dan contohnya
r. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
s. Guru meminta siswa untuk memberikan contoh hukum bacaan ra
t. Guru bertanya kepada siswa tentang materi yang sudah disampaikan
12. Kegitan penutup (15 menit)
h. Guru menjelaskan kembali materi hukum bacaan ra
i. Guru menginformasikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan selanjutnya

AI. Alat / sumber belajar (media)
4. Al-Qur’an Hadis MTs kelas VIII Standar isi 2008

AJ. Penilaian
10. Tes Tulis
11. Tes Lisan
12. Penilaian diri



Mengetahui Sukabumi, 10 Februari 2016
Guru Pamong, Guru Praktikan,



Tatang Suhendra, S.Pd.I Samsun

Mengetahui,
Kepala MTs Jamiyyatul Muta’allimin Dosen Pembimbing



E. Hanaviah, S.Ag., MM Drs. Ahmad Sopandi, M.Ag






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA MADRASAH : MTs JAMIYYATUL MUTAALIMIN
MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADIS
KELAS / SEMESTER : VII / GENAP
ALOKASI WAKTU : 2 JP (2 x 40 Menit)
PERTEMUAN KE 8 (Delapan)

AK. KOMPETENSI INTI
9. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
10. Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
11. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tengtang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
12. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ tori

AL. KOMPETENSI DASAR
3.3 Memahami isi kan-dungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) tentang problematika dakwah
4.3  Mendemosntrasikan sikap istikomah Rasulullah SAW dalam menghadapi tantangan kaum kafir, sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110)
AM. INDIKATOR
3.3.1 Menjelaskan arti surah al-Lahab (111)
3.3.2 Mendiskripsikan isi kandungan surah al-Lahab (111)
3.3.3 Mengidentifikasi kandungan surah Nasr (110) problematika dakwah
3.3.4 Menyimpulkan isi ayat al-Qur’an atau hadis tentang dakwah
3.3.5 Mendiskripsikan sikap istiqomah Rasulullah dalam berdakwah
3.3.6 Mensimulasikan sikap istikomah Rasulullah SAW dalam berdakwah

AN. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Memahami isi kandungan Q.S. al-Lahab dan Q.S an-Nasr tentang istiqamah dalam dakwah dalam kehidupan sehari-hari

AO. MATERI POKOK
· Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang problematika dakwah 
QS. al-Lahab
QS. an-Nasr
AP. Metode pembelajaran :
Mengamati
· Mengamati gambar atau tayangan atau kisah tentang problematika dan tangtangan dakwah. 
· Mencermati bacaan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).

Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan atau pernyataan tentang hal-hal yang terkait dengan tantangan dan problematika dakwah
· Secara berpasangan  saling bertanya  terkait dengan tantangan dan problematika dakwah

Mengeksplorasi 
· Menggali informasi dari berbagai sumber tetang terjemahan kata dari Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Menggali informasi dari berbagai sumber tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Diskusi menyusun arti perkata 
· Secara berpasangan menghafalkan Q.S. al- Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Secara kelompok 
Mengasosiasi 
· Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil terjemahan dari Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Mendiskusikan hasil pengumpulan informasi dari beberapa sumber tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110). 
· merumuskan hasil penggalian informasi tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Mengidentifikasi sikap istikomah Rasulullah SAW. dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan bimbingan guru.

Mengkomunikasikan 
· Memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Menanggapi paparan kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Menunjukkan contoh sikap istikomah Rasulullah SAW dalam berdakwah.

AQ. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
13. Pendahuluan (15 menit)
t. Guru dan siswa sama-sama membaca do’a
u. Guru mengabsen siswa
v. Mengkondisikan kelas (mengatur bangku + meja, melihat kerapihan siswa)
w. Memberikan motivasi
14. Kegiatan inti (55 menit)
u. Siswa menulis hadis tentang toleransi beserta artinya
v. Siswa mendiskusikan hadis yang berkaitan dengan toleransi
w. Siswa membacakan hasil diskusinya
x. Guru menjelaskan hadis yang berkaitan dengan toleransi
y. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
15. Kegitan penutup (10 menit)
j. Guru menjelaskan kembali materi toleransi dan panatisme
k. Guru menginformasikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan selanjutnya
I.  Penilaian
Tugas 
· Membuat esai  terkait biografi tokoh-tokoh penentang dakwah 
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
· Membuat paparan tentang kandungan Q.S. al-al-Lahab dan QS. an-Nashr 
Tes
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk 



Mengetahui Sukabumi, 10 Februari 2016
Guru Pamong, Guru Praktikan,




Tatang Suhendra, S.Pd.I Samsun

Mengetahui,
Kepala MTs Jamiyyatul Muta’allimin Dosen Pembimbing




E. Hanaviah, S.Ag., MM Drs. Ahmad Sopandi, M.Ag



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA MADRASAH : MTs JAMIYYATUL MUTAALLIMIN
MATA PELAJARAN : AL-QUR’AN HADIS
KELAS / SEMESTER : VII / GENAP
ALOKASI WAKTU : 2 JP (2 x 40 Menit)
PERTEMUAN KE 9 (Sembilan)

AR. KOMPETENSI INTI
13. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
14. Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
15. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tengtang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
16. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ tori
AS. KOMPETENSI DASAR
3.3 Memahami isi kan-dungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) tentang problematika dakwah
AT. INDIKATOR
3.3.7 Menjelaskan arti surah al-Lahab (111)
3.3.8 Mendiskripsikan isi kandungan surah al-Lahab (111)
3.3.9 Mengidentifikasi kandungan surah Nasr (110) problematika dakwah
3.3.10 Menyimpulkan isi ayat al-Qur’an atau hadis tentang dakwah
3.3.11 Mendiskripsikan sikap istiqomah Rasulullah dalam berdakwah
3.3.12 Mensimulasikan sikap istikomah Rasulullah SAW dalam berdakwah
AU. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Memahami isi kandungan Q.S. al-Lahab tentang istiqamah dalam dakwah dalam kehidupan sehari-hari
AV. MATERI POKOK
· Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang problematika dakwah 
QS. al-Lahab 
AW. METODE PEMBELAJARAN :
Mengeksplorasi 
· Menggali informasi dari berbagai sumber tetang terjemahan kata dari Q.S. al-lahab (111)
· Menggali informasi dari berbagai sumber tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111)
· Menghafalkan Q.S. al- Q.S. al-lahab beserta artinya
Mengasosiasi 
· Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil terjemahan dari Q.S. al-lahab (111) 
· merumuskan hasil penggalian informasi tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111)
· Mengidentifikasi sikap istikomah Rasulullah SAW. dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) 
· Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan bimbingan guru.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan atau pernyataan tentang hal-hal yang terkait dengan tantangan dan problematika dakwah
· Secara berpasangan  saling bertanya  terkait dengan tantangan dan problematika dakwah
Mengkomunikasikan 
· Memaparkan hafalan  Q.S. al-lahab dan artinya
· Menanggapi paparan kandungan Q.S. al-lahab (111)
· Menunjukkan contoh sikap istikomah Rasulullah SAW dalam berdakwah.
AX. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
16. Pendahuluan (15 menit)
x. Mengkondisikan kelas (mengatur bangku + meja, melihat kerapihan siswa)
y. Memberikan motivasi
z. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
17. Kegiatan inti (55 menit)
z. Guru membaca Q.S. al-lahab beserta artinya
aa. Siswa bersama-sama membaca Q.S. al-lahab dan artinya
ab. Guru menjelaskan isi kandungan Q.S. al-lahab
ac. Siswa menghafalkan Q.S. al-lahab dan artinya
ad. Siswa memaparkan hafalan Q.S. al-lahab dan artinya
18. Kegitan penutup (10 menit)
l. Guru menjelaskan kembali isi kandungan Q.S. al-lahab
m. Guru menginformasikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan selanjutnya
I.  Penilaian
1. Pengamatan Sikap 
2. Hafalan Q.S. al-lahab dan artinya

Mengetahui Sukabumi, 24 Februari 2016
Guru Pamong, Guru Praktikan,


Tatang Suhendra, S.Pd.I Samsun

Mengetahui,
Kepala MTs Jamiyyatul Muta’allimin Dosen Pembimbing


E. Hanaviah, S.Ag., MM Drs. Ahmad Sopandi, M.Ag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar