Floppy Disk atau Disket, Yang Kini Jarang Digunakan - Jampang Media

Breaking

Kamis, 08 Februari 2018

Floppy Disk atau Disket, Yang Kini Jarang Digunakan

Floppy disk atau Cakram flopi, adalah media/perangkat diska penyimpanan data (Data Storage) yang terdiri dari media penyimpanan magnetis tipis (sekeping filem tipis) dan fleksibel, disegel dalam plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Cakram flopi yang populer disebut sebagai disket.


media magnetik lentur (seperti namanya) yang dibungkus oleh plastik keras bujur sangkar (yang membingungkan pemakai pemula karena tidak bundar). Floppy disk ditulis dan dibaca dengan menggunakan floppy disk drive atau FDD (bedakan dengan istilah IBM lama  Fixed Disk Drive).


Floppy Disk Secara fisik, floppy yang saat ini sering digunakan terbagi atas 2 jenis, yaitu 5,25 inchi dan 3,5 inchi , dimana masing-masing ukuran memiliki 2 type kapasitas, yaitu Double Density (DD) dan High Density (HD) Disket diputar pada kecepatan 300 rpm (Double Density) atau 360 rpm (High Density). Sewaktu disk berputar, head dapat bergerak keluar atau ke dalam sekitar 1 inchi, menulis sekitar 40 atau 80 track.


Disket berukuran 5 ¼ inci (133 mm) dan 3 ½ inci (90 mm) adalah bentuk standar dari alat penyimpan data ini yang berkembang sejak pertengahan 1970-an hingga 2000-an. Sejak tahun 2010, motherboard komputer jarang diproduksi dengan dukungan media floppy drive. 


Disket yang hanya memiliki kapasitas 1,44 MB dan kegunaan terbatas, khususnya dalam komputer industri, telah digantikan oleh metode penyimpanan data dengan kapasitas yang lebih besar, seperti USB flash drive, portable hard disk drive eksternal, cakram optik, kartu memori dan jaringan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar