Membagi Partisi Hardisk Pada Windows 7 - Jampang Media

Breaking

Senin, 12 Februari 2018

Membagi Partisi Hardisk Pada Windows 7

Hardisk merupakan perangkat keras/hardware yang menyediakan ruang untuk menyimpan data ataupun output dari berbagai proses komputer. dalam penggunaak komputer, mungkin pengguna membuthkan beberapa ruang untuk mempermudah dalam menkategorikan atau mamilah file/folder sesuai dengan keinginan pengguna. 

maka perlu untuk membagi partisi hardisk, sesuai dengan volumeuntuk kebutuhan pengguna. berikut langkah-langkah membagi partisi hardisk pada windows 7 : 

Langkah Pertama, click start > pada kolom pencarian ketik "computer management" > kemudian click hasil pencarian paling atas. seperti gambar berikut
gambar 1

kemudian akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini. langkah selanjutnya, click "Disk Management" yang berada disebelah kiri kotak dialog >> maka akan muncul isibagian tengah kotak dialog.
Gambar 2


kemudian, click kanan pada partisi yang akan dibagi atau di sharing volumenya, >>  pilih Sharink Volume.
gambar 3

maka akan muncuk kotak dialog sharing size. isikan kapasitas (berupa angka) pada kolom yang berwarna putih, untuk size partisi yang baru. >> lalu click "Sharink"
gambar 4

partisi baru sudah terbentuk dengan warna hitam. kemudian yang harus dilakukan selanjutnya adalah, click kanan pada partisi baru tsb, >> pilih "new simple volume"
gambar 5

selanjutnya, click saja "Next"
gambar 6

Next Lagi aja.....
gambar 7

kemudian, pada kolom putih kotak dialog ini isikan nama partisi yang diinginkan,>> lalu pilih "Next"
gambar 8

Langkah terakhir, click "Finish"
gambar 9

hasilnya, partisi yang tadi berwarna hitam, kini warnanya menjadi biru disertai nama dan size yang telah ditentukan.
gambar 10

Silahkan lihat di "File Explorer"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar