Makna dan Cara Mengatasi Kehilangan - Jampang Media

Breaking

Minggu, 13 Mei 2018

Makna dan Cara Mengatasi Kehilangan


Saat kehilangan berucap "inna lillahi wa inna ilaihi rojiun" Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jualah kami kembali.

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah buahan.

Dan berikanlah berita gembira kepada orang" yang sabar yaitu orang" yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi rojiun" (QS Al Baqarah 155-156)

Mengingat waktu dan bagaimana kejadiannya, bila berkeluh kesah ia kehilangan 2 hal yaitu: kerugian karena kehilangan, dan kerugian hilangnya kerelaan keridhoan atas kehilangan.

Segala sesuatu berlaku ketentuan Allah, sudah dijamin Allah terkait rezekinya.

Selalu ridho atas apa yang terjadi dalam kehidupan ini sudah ketetapan Allah, bisa kita dapatkan kembali seiring kesabaran.

Introspeksi diri bahwa Allah menginginkan digunakan dan untuk keperluan yang baik.

Latihan sedekah untuk mengurangi kecintaan akan harta, bersedekahlah karena tidak mengurangi harta melainkan bertambah, amalan ini menyembuhkan dan peningkatan  kualitas kehidupan.

Allah telah menyiapkan penggantinya, berprasangka baik kepada Allah *Yang terbaik adalah pilihan Allah.

Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir. (QS Al Maarij 19-21)

Cintailah segala sesuatu didunia dengan segenap dan sepenuh hati, niscaya suatu saat itu pasti akan meninggalkanmu. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS Ash Sharh 5-6).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar