Ops Badge Badak Putih Menwa Batalyon VII/Suryakancana - Jampang Media

Breaking

Selasa, 08 Mei 2018

Ops Badge Badak Putih Menwa Batalyon VII/Suryakancana



Tradisi pendakian gunung Gede Pangrango yang dilakukan setiap tahun oleh Anggota Resimen Mahasiswa (MENWA) Mahawarman Jawa Barat Batalyon VII/Suryakancana sebagai bentuk memperingati peristiwa penumpasan DI/TII dengan operasi pagar betis.

Yang dimana Dalam peristiwa penumpasan DI/TII yang disebut operasi Badak Putih Korem 061/Suryakancana mengikutsertakan personil anggota Menwa mahawarman Batalyon VII/Suryakancana. Kata Aris, Wakil Komandan Menwa Batalyon VII/Suryakancana, sepulang dari kegiatan Tradisi Ops Badak Putih. Selasa (8/5/2018).

Aris menjelaskan, Resimen Mahasiswa adalah penerus dan pewaris dari tradisi semangat perjuangan dan Pengabdian tanpa pamrih dari generasi Tentara Pelajar/Corps Mahasiswa dari angkatan 45. Sebagai realisasi dari SISHANKAMRATA di kalangan Mahasiswa, merupakan sebuah kehormatan bagi setiap anggota Menwa untuk melakukan kegiatan di bidang pembelaan negara.



Tradisi Ops Badak Putih dilakukan oleh setiap anggota Menwa Batalyon VII yang berasal dari perguruan tinggi di wilayah Bogor, Sukabumi, dan Cianjur untuk mendapatkan Badge Badak Putih yang di pasang pada seragamnya. Jelasnya.

Penggunaan Badge Badak Putih itu sendiri, kata Aris, berdasarkan Surat Keputusan Komandan Korem 061/Suryakancana yang dikeluarkan pada tanggal 17 Mei 1971. Peresmian pemakaian Badge Badak putih Korem 061/SK pada tanggal 20 Mei 1971 oleh Danrem 061/SK kepada Dr Irawadi T Djamaran, Senat IPB sebagai perwakilan.

Sebagai penghargaan, Lanjut Aris, keikutrsertaan Anggota Menwa dalam penumpasan DI/TII dan operasi pagar betis di Gunung Salak pada tahun 1961, Korem 061/Suryakancana waktu itu menganugerahkan Badge Badak Putih kepada Komando Resimen Mahasiswa (MENWA) Mahawarman Batalyon VII/Suryakancana.

Badge Badak Putih pertamakali disematkan oleh Kolonel Infanteri Hanafiah, Komandan Korem 061/Suryakancana Irawadi Djamaran, Komandan Menwa Batalyon VII/Suryakancana Kedua pada tanggal 18 Mei 1971. Penggunaan Badge Badak Putih pada seragam, selain menjadi kebanggan Jiwa Korsa, juga merupakan beban tanggung jawab yang harus dipikul oleh setiap anggota Menwa. Pungkas Aris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar