Pengabelan Jaringan Komputer - Jampang Media

Breaking

Selasa, 08 Mei 2018

Pengabelan Jaringan Komputer



Daftra Isi: Penjelasan Kabel Jaringan | Kabel UTP | Konektor RJ-45 | Tang Crimping | LAN Tester | Kabel Straight | Kabel Crossover | 

Kabel jaringan adalah salah satu perangkat keras komputer yang dirancang khusus dengan kriteria tertentu, serta memiliki peran penting karena bertugas sebagai penghubung dengan karakteristik yang dikategorikan sebagai media transmisi terarah (guieded/wireline)dalam suatu jaringan komputer.


Media Transmisi atau guieded/wireline adalah sebuah kondisi yang dimana gelombang elektromagnetik yang digunakan dipandu sepanjang fisik, yang diwujudkan dengan menggunakan kabel.

Kabel Jaringan adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer, server dengan swich dll. kabel jaringan juga bisa digunakan sebagai perantara pengguna dengan pengguna lainya dalam satu wilayah terbatas, seperti sekolah, warnet, kantor perusahaan etc.

Dalam penggunaannya, kabel jaringan komputer terdiri dari beberapa tipe yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, topologi jaringan, protokol dan ukuran jaringan komputer tertentu. Sebagai contoh, ada kabel jaringan komputer yang digunakan dalam jumlah sedikit (misalnya melalui Ethernet), namun ada pula penggunaan kabel jaringan komputer yang hampir tak terbatas (misalnya melalui interkoneksi internet). 

Contoh lainnya yakni sebuah kondisi dimana jaringan hanya mengijinkan satu jenis kabel saja yang dapat digunakan, atau ada pula kondisi lainnya yang justru menijinkan penggunaan kabel dengan cara kombinasi lebih dari satu jenis.


Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) yang sering digunakan untuk LAN dan kabel telphon. Kabel UTP terdiri dari empat warna konduktor tembaga yang setiap pasangannya berpilih. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular yang memiliki 8 pin yang biasa diebut dengan RJ-45, dan semua protokol LAN dapat beroprasi melalui kabel UTP.

Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) merupakan sepasang kabel yang di-twist/dililit satu sama lain dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik yang dapat terdiri dari dua, empat atau lebih pasangan kabel (umumnya yang dipakai dalam jaringan komputer terdiri dari 4 pasang kabel / 8kabel). UTP dapat mempunyai transfer rate 10 Mbps sampai dengan100 Mbps tetapi mempunyai jarak yang pendek yaitu maximum 100m.

Terdapat 5 kategori kabel UTP. Pertama Category (CAT), Digunakan untuk telekomunikasi telepon dan tidak sesuai untuk transmisi data. Kedua, Category (CAT) 2, Jenis UTP ini dapat melakukan transmisi data sampai kecepatan 4 Mbps. Ketiga, Category (CAT) 3, Digunakan untuk mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan sampai dengan 10 Mbps.

Yang keempat, Category (CAT) 4, Digunakan untuk mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan sampai dengan 16 Mbps. Kemudian yang terakhir, kelima Category (CAT) 5, yang merupakan jenis yang paling popular dipakai dalam jaringan komputer di dunia pada saat ini. Digunakan untuk mengakomodasikan transmisi dengan kecepatan sampai dengan 100 Mbps.

Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
Konektor merupakan sebuah alat yang menghubungkan kabel dengan Network Adaptor. Keberadaan konektor ini juga sangat vital bagi perangkat komputer sebab jika tidak ada alat tersebut maka komputer juga tidak dapat dioperasikan dengan semestinya.

Ada beberapa jenis konektor yang biasa terpasang pada perangkat komputer, diantaranya yaitu Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP, Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial, dan Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic.

Konektor RJ-45 adalah konektor kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya.
Konektor RJ 45 Mediatech memiliki konfigurasi tiga macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya.

Tang crimping / Crimping Tool
Tang Crimping adalah peralatan yang digunakan untuk meng-crimping RJ-45 yang sudah terpasang dengan benar di kabel UTP dengan fungsi yang lainnya digunakan Untuk memotong kabel, Untuk mengelupas kulit kabel, dan Untuk meng-crimping RJ45.

LAN Tester
LAN tester merupakan alat pengetes kabel tetapi lebih spesifik untuk mengetes kabel LAN (kabel UTP) karena bentuk konektornya telah disesuaikan. LAN Tester digunakan untuk memeriksa benar tidaknya sambungan kabel.

Untuk tipe straight jika benar maka lampu LED (Light Emitting Diode) 1 sampai 8 berkedip. Pada gambar di bawah ditunjukkan satu jenis penguji kabel LAN. Dalam gambar dari bawah dari ujung kabel UTP yang sudah dipasangi konektor dan berhasil dengan baik (urutan pewarnaan pinnya ikut standar) menunjukkan sauatu keadaan bahwa urutan pin tersebut adalah standar. 

Apabila ada penunjukkan yang tidak standar, coba perhatikan urutan warna pinnya. Untuk urutan yang sangat tidak standar, tapi tetap saja bisa atau dapat dilihat bagaimana urutan tersebut, yang penting korespondensinya satu satu (khusus tipe straight).

MEMBUAT KABEL STRAIGHT & CROSS

Kabel Straight,-  merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu  dengan ujung yang lainnya. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda. Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai) atau kadang-kadang juga dipakai sesuai standar TIA/EIA 368A.

Biasanya Kabel Straight digunakan untuk menghubungkan antara computer dengan switch, menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL, menghubungkan router dengan LANpada modem cable/DSL, menghubungkan switch ke router, menghubungkan hub ke router.

Langkah-langkah Tipe Straight :
Langkah 1 :
Kupas terlebih dahulu ujung kabel menggunakan alat pengupas kabel sekitar kurang lebih 2 cm sampai kabel yg terdapat di dalam nya terlihat

Langkah 2 :
Pisahkan kabel-kabel tersebut dan luruskan, susunlah kabel-kabel tersebut dengan rapih berdasarkan warna seperti Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat

Langkah 3 :
Setelah kabel tersusun, kemudian ambil Connector RJ-45, Connector ini terdiri dari 8 pin. Pin 1 dari connector ini adalah pin yang berada paling kiri

Langkah 4 :
Masukkan kabel-kabel tersebut hingga bagian ujungnya mentok di dalam Connector dan sesuaikan dengan urutan :
Orange Putih pada Pin 1
Orange pada Pin 2
Hijau Putih pada Pin 3
Biru pada Pin 4
Biru Putih pada Pin 5
Hijau pada Pin 6
Coklat Putih pada Pin 7
Coklat pada Pin 8
       
Langkah 5 :
Setelah selesai menyusun kabel straight kemudian kita akan mencoba dengan menggunakan LAN tester masukkan ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses.

Langkah 6 :
Untuk cara pemasangan kabel yang kedua, langkah-langkahnya sama dengan pemasangan ujung kabel pertama. Ulangi langkah-langkah tadi untuk memasang connector RJ-45 pada ujung kabel yang kedua.


Kabel Crossover,- merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung dua. Kabel Crossover digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Gambar dibawah adalahsusunan standar kabel cross over.

Kabel Crossover biasanya digunakan untuk menghubungkan dua buah komputer secara langsung, menghubungkan 2 buah switch, menghubungkan 2 buah hub
menghubungkan switch dengan hub, menghubungkan komputer dengan router
Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun crossover) hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, yaitu kabel pada pin no 1,2,3 dan 6.

Langkah-langkah Tipe Cross :
Langkah 1 :
Cara pemasangan kabel UTP tipe cross hampir sama dengan casa pemasangan kabel UTP tipe straight. Mengenai pemasanganya sama seperti pada pemasangan kabel straight. Hanya saja perbedaan terdapat pada urutan warna kabel pada ujung kabel yang keduanya. Untuk ujung kabel pertama susunan warna pada

Kabel Cross
Orange Putih pada Pin 1
Orange pada Pin 2
Hijau Putih pada Pin 3
Biru pada Pin 4
Biru Putih pada Pin 5
Hijau pada Pin 6
Coklat Putih pada Pin 7
Coklat pada Pin 8.

Setelah selesai menyusun kabel straight kemudian kita akan mencoba dengan menggunakan LAN tester masukkan ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan. Susunan warna ujung kabel pertama berbeda dengan unjung kabel kedua. Nanti jika dites menggunakan LAN tester, maka nantinya led 1, 2, 3 dan 6 akan saling bertukar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar