Penggiat Wisata Siap Kelola Goa Kolotok dan Goa Hantap - Jampang Media

Breaking

Senin, 31 Desember 2018

Penggiat Wisata Siap Kelola Goa Kolotok dan Goa Hantap

Sumber foto : laman facebook Entis Sutisna

Penggiat wisata Desa Jagamukti Kecamatan Surade setelah melakukan peninjauan mulai berbenah melakukan penataan lokasi wisata Goa Kolotok dan Goa Hantap. 

Potensi wisata alam, Goa Kolotok dan Goa Hantap tersebut berada di Kampung Naringgul Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Lokasi goa tersebut berjarak sekitar 4 Km dari bunderan Surade dengan waktu tempuh kurang dari sepuluh menit melalui jalur wisata Curug Cikaso.


Sumber foto : laman facebook Entis Sutisna

Informasi seputar Potensi wisata alam di Desa Jagamukti Kecamatan Surade ini diperoleh dari Entis Sutisna, salah satu penggiat wisata Desa Jagamukti, Kecamatan Surade.

Berikut cerita dari ekplorasi potensi wisata Goa Kolotok dan Goa Hantap yang dilakukan oleh para penggiat wisata Desa Jagamukti Kecamatan Surade. Cerita ini ditulis di laman facebook Entis Sutisna yang juga berprofesi sebagai Guru PNS di MIN 2 Sukabumi. Senin (24/12/2018).

Simak ceritanya…

Barawal dari sebuah petualangan, dengan tujuan hanya sekedar hiburan atau mengisi waktu senggang. Kami berjalan ke suatu tempat yang berada di sekitar daerah sendiri. Tempat yang dituju tersebut adalah Goa Hantap yang tepatnya berada di Kampung Naringgul Desa Jagamukti.

Sumber foto : laman facebook Entis Sutisna

Konon menurut teman-teman yang pernah memasuki goa tersebut, ternyata di dalam nya ada sebuah sungai. selain air nya jernih, ikannya juga banyak dan beragam.

Dengan rasa penasaran mendengar cerita dari teman itu, kami pun berembug untuk mencoba masuk. Dengan bermodalkan kail, alat pancing lainnya dan sebuah senter untuk membantu penerangan selama kami menelusuri bagian dalam goa hantap tersebut.

Ternyata betul apa yang di katakan merka, selain luas, saat berada didalam goa juga nyaman dan betah karena disuguhi oleh keindahan ornamen dinding dan atap goa yang tertata rapi masih alami, serta hamparan batu putih yang bersih.

Sumber foto : laman facebook Entis Sutisna

Saya dan teman-teman pun mulai beraksi, mereka pasang umpan pancingan, ada juga yang langsung nyemplung menangkap ikan. Berbeda dengan mereka, saya sendiri hanya duduk disebuah batu memisahkan diri dari yang lainnya.

ketika itu imajinasi pun melayang terbang, terbawa pesona keindahan dan keunikan ornamen goa yang sungguh sangat luar biasa. hatipun pun berkata, inilah ciptaan tuhan semesta yang pada akhirnya akan pana juga. Subhanallah!!

Sumber foto : laman facebook Entis Sutisna

Terlintaslah sebuah ideu dalam benak saya, keinginan untuk mengolah dan menata potensi wisata alam ini. tapi tentu dengan tidak mengganggu keindahan yang telah ada secara alami.

Ini merupakan salah satu anugrah terindah dari sang pencipta, berupa sumber daya alam yang wajib dirawat dan dan kita jaga bersama.

Diakhir tulisannya tersebut, Entis mengatakan, sebagai bentuk realisasi dari sebuah mimpi, mari kita rapatkan barisan, kita mulai hari ini untuk mengolah dan menata seluruh potensi yang ada wilayah sendiri. Tulisnya.

Sebagai sumber artikel ini, Entis Sutisna, penggiat sosial dan wisata yang juga berprofesi sebagai Guru PNS di MIN 2 Sukabumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar