Sukabumi Selatan Kembali Perkenalkan Keindahan Wisata Alam Air Terjun - Jampang Media

Breaking

Selasa, 11 Desember 2018

Sukabumi Selatan Kembali Perkenalkan Keindahan Wisata Alam Air Terjun


AmanahNegeriku.com,- Kabupaten Sukabumi dikenal dengan panorama keindahan alamnya. Selain dari Geopark Ciletuh yang diakui oleh UNESCO, masih banyak potensi wisata alam yang tidak kalah indah, terutama di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi yang tersebar disetiap kecamatan.

Salah satu kecamatan yang memiliki beberapa potensi wisata alam yaitu Kecamatan Cidadap. Setelah mengenalkan Curug Cijengkol yang sudah mendapat sentuhan pengembangan, Baru-baru ini masyarakat di Kecamatan Cidadap mengenalkan Curug Ciminyak dan Curug Tjiragil. Kedua air terjun tersebut masih alami, masih terjaga kelestariannya, dan belum terjamah.

Melihat berbagai potensi yang layak untuk dikembangkan, maka perlu adanya peran penting Pemerintah untuk memberikan sentuhan agar potensi tersebut bisa dikelola dengan baik. sehingga potensi yang ada dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan daerah, baik dari segi ekonomi, sosial masyarakat, dan kelestarian lingkungan hidup. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pariwisata tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan.


Melalui media sosial, pertengahan bulan November kemarin warga Desa Padasenang Kecamatan Cidadap beramai-ramai mempublish potret Curug Ciminyak. Sebuah air terjun yang terdapat di Kampung Ciwaru RT 017/003, Desa Padasedang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini berada di titik kordinat (-7.265580, 106.950380) atau berjarak sekitar 5 Km dari Kantor Kecamatan Cidadap dengan waktu tempuh sekitar 15 menit menggunakan sepeda motor.

Meskipun baru terekspos dan belum dikembangkan, Curug Ciminyak sudah mulai dikunjungi warga sekitar dan wisatawan dari luar daerah. Mereka mengakui keindahan tempat ini. Selain bisa menikmati guyuran beningnya air Curug Ciminyak, sebulum tiba di lokasi pengujung akan disuguhi dengan keindahan pesawahan yang menyerupai perbukitan dengan suasana alami yang menyejukan mata. Selain itu, di area air terjun ini juga terdapat sebuah goa yang tidak terjamah.

Curug Tjiragil berada di Kampung Ciragil, Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi.
Sementara, Curug Tjiragil berada di Kampung Ciragil, Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. Tepatnya di titik kordinat (-7.293544, 106.952931) atau berjarak sekitar 3 Km dari Kantor Kecamatan Cidadap. Karena menuju lokasi ini melewati jalan batuan, sehingga bisa memakan waktu sekitar 15 menit perjalanan menggunakan sepeda motor, bahkan bisa lebih lama jika menggunakan kendaraan roda empat.

Air terjun yang berada di tengah-tengah perkebunan PT Tagalah Kantjana tersebut merupakan aliran air sungai Tjiwalahar yang bermuara kepada sungai Cibuni. Uniknya diatas air terjun ini terdapat sebuah Masjid Jami Kampung Ciragil, Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, hamparan perkebunan karet dan pegunungan juga bisa memanjakan mata siapapun yang dating ke kawasan tersebut. Tentu masyarakat setempat berharap potensi wisata alam di daerahnya tersebut bisa dikembangkan dan dikelola seperti di daerah lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar