Contoh Resume Kegiatan, Pesta Rakyat Rampak Pajampangan - Jampang Media

Breaking

Sabtu, 05 Januari 2019

Contoh Resume Kegiatan, Pesta Rakyat Rampak Pajampangan

Rampak Pajampangan adalah sebuah pagelaran yang multy activity dengan beberapa kegiatan dengan tujuan dapat menciptakan share of voice kepada masyarakat dan menstimulus generasi muda agar dapat berinovasi dalam berkarya, yang bisa dijadikan sebagai referensi oleh masyarakat. Selain itu, pagelaran ini diharapkan akan mendatangkan angin segar yang dapat mempererat persaudaraan dan tali silaturahmi seluruh masyarakat pajampangan.


Adapun kegiatan yang digelar dalam Rampak Pajampangan adalah segaia berikut :

1.    Rampak Dadagangan Kuliner
            Adalah kegiatan pemasaran produk barang dan makanan atau jajanan dengan menu yang pariatif dan penampilan menarik yang memotivasi wisatawan untuk datang ke acara ini, serta dapat menyuguhkan atraksi ekonomi kreatif bagi masyarakat sekitar Jampang.
Stand-stand kuliner di acara RAMPAK JAMPANG diantaranya :
·         Booth Produk Pakaian Merchandise
·         Booth Produk Alat Rumah Tangga
·         Booth Kendaraan
·         Booth Souvenirs
·         Stand Makanan Berat
·         Stand Makanan Ringan (Camilan)
·         Stand Cafe (ada tempat duduk dan meja bagi pembeli)
·         Stand Oleh-oleh, dan
·         Food Truck, dll
Acara festival kuliner buka selama pagelaran ini berlangsung, yaitu selama 3 hari berturut-turut. Mulai dari pukul 08.00 s/d pukul 21.00 WIB setiap harinya.

2. Rampak Budaya (Kesenian Tradisional)
            Festival budaya yang dimaksud adalah sebuah kegiatan yang berisi tentang kesenian daerah atau kesenian tradisional. Yang di kombinasikan dengan hiburan-hiburan lain.
Kesenian tradisional ini meliputi diantaranya :
·         Tari Jaipong
·         Tarawangsa
·         Pencak Silat
·         Lagu-lagu Sunda
·         Calung
·         Dongdang
·         Angklung
·         Rengkak Panyadap
·         Gondang,dll

4.Pasanggiri Jaka Dara
            Adalah kegiatan pemilihan mojang jajaka didaerah Pajampangan, yang diwakili oleh peserta perwakilan (minimalnya 1 pasangan) dari setiap kecamatan. Adapaun indikator penilaian pemilihan mojang jajaka ini meliputi ; Kecerdasan dalam berkomunikasi, memiliki keterampilan berbicara dengan menggunakan bahasa Sunda yang fasih, bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta menguasai bahasa asing minimal bahasa Inggris. Berwawasan luas tentang tanah Pajampangan, mulai dari sejarah, kultur, dan potensi didalamnya. Memiliki kreatifitas dalam berkarya atau memiliki talenta khusus. Tidak memiliki catatan kepolisian yang buruk, tidak bertato, serta memiliki daya tarik dari segi paras dan bentuk tubuh. Karena tidak dapat dipungkiri, pemenang dari Pasanggiri Mojang Jajaka ini akan menjadi duta wisatanya daerah Jampang. Dari setiap pemenang, akan mendapatkan uang binaan sebagai hadiahnya.

5. Launcing GOJAMPANG
            Go Jampang adalah salah satu aplikasi berbasis android karya barudak yang disuguhkan untuk memudahkan para pengunjung dan wisatawan ketika datang ke Pajampangan.
Aplikasi ini, dengan kelengkapan fitur di dalamnya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat, sehingga masyarakat bisa mempromosikan seluruh kegiatan dan melakukan transaksi Jual beli secara online diwilayah Jampang. Maka dimomen Rampak Pajampangan aplikasi ini akan diluncurkan.

6. Hiburan
Sebagai daya tarik para pengunjung dan wisatawan, pada kegiatan Rampak Pajampangan juga akan diadakan hiburan, diantaranya :
·         Pertunjukan (perform) dari dari anak-anak sekolah dan masyarakat lokal. Mulai dari band aliran pop, Qasidah, Gambus, dll.
·         Kabaret
·         Band Reggae yang dibawakan oleh band dari ibukota yaitu OMBAK Reggae.
·         Pada penghujung acara dari serangkaian kegiatan RAMPAK JAMPANG, maka akan ditutup oleh artis Jawa Barat / Nasional
·         Group Penyanyi Rap
·         Pertunjukan Film Dokumenter  dari komunitas film Jampang, yang akan ditampilkan pada layar lebar (big screen) pada malam hari disuguhkan dalam bentuk tarawangsa, serta suasana Prompt Night
·         Video advertorial tentang wisata alam pajampangan.
·         Modern dance, Marching Band
·         Serta pertunjukan lainnya.

7. Rampak Adventure (Sepeda & Mobil)
Adalah kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan tempat wisata dan keindahan alam diwilayah Pajampangan khususnya bagi para peserta dari luar wilayah. Dengan lintasan yang akan dilalui lebih kepada pengenalan wilayah Jampang maka disebut dengan istilah URBAN TOUR.

8. Nikreuh Layeut (Jalan Santai)
            Pagelaran ini dirasa kurang puas jika tidak mencoba merangkul masyarakat setempat untuk berpartisipasi dalam acara Rampak Pajampangan ini. Maka dibuatlah kegiatan yang sederhana namun bisa mempererat tali silaturahmi seluruh warga masyarakat pajampangan. Jalan santai merupakan kegiatan yang sangat sederhana namun manfaatnya cukup banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar