Ar-Risalah dan Menwa Galuh Ciamis akan gelar Halaqah Kebangsaan - Jampang Media

Breaking

Kamis, 21 Februari 2019

Ar-Risalah dan Menwa Galuh Ciamis akan gelar Halaqah Kebangsaan

Kegiatan Satuan Menwa Galuh Ciamis
Gaya komunikasi politik dengan narasi-narasi yang kontra produktif di masyarakat masih berkembang akhir-akhir ini, apalagi menjelang Pilpres 2019. Sedihnya lagi, ini terjadi terkadang tanpa mempedulikan dampak negatif, dan mengesampingkan nilai-nilai budaya kearifan lokal yang kita miliki. Padahal kebutuhan masyarakat di masa menjelang pelaksanaan pemilu adalah muncul sebuah ide/gagasan yang cerdas, sehingga masyarakat memiliki bahan dalam menentukan pilihannya di Pilpres 2019.

Situasi demikian, mengguggah sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Satuan Menwa Galuh Ciamis, untuk menyikapinya dengan rencana menggelar acara Halaqah Kebangsaan dengan tema "Mengoptimalkan Nilai-nilai Budaya Lokal : Mencegah Politik Pecah Belah Di Era Kekinian", pada hari Minggu mendatang , 24 Pebruari 2019, pukul 09.00 WIB di Pesantren Ar-Risalah Ciamis Jawa Barat.

Ana Intang Rustiana, yang menggawangi acara ini mengatakan bahwa ditengah situasi politik yang terus memanas menjelang Pilpres 2019, membangun budaya santun dalam berpolitik sangat dibutuhkan, hal tersebut memberikan pembelajaran demokrasi yang baik bagi masyarakat, Kamis (21/2/2019).

"Mengusung nilai-nilai budaya dalam menjalankan kehidupan sosial politik di era kekinian untuk mencegah terjadinya pecah belah di masyarakat sangat dibutuhkan. Program dan gagasan yang cerdas akan berkorelasi dengan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Tidak serta merta menggunakan ujaran kebencian yang dikemas melalui berbagai tema dan diviralkan di media sosial", Ujar Intang.

Lebih lanjut Intang menuturkan bawa guna mencegah terjadinya perpecahan masyarakat akibat narasi politik yang kontra produktif menjelang Pilpres 2019, maka perlu ada edukasi kepada masyarakat luas untuk lebih berhati-hati dalam merespon kabar yang berasal dari media sosial, dan lebih selektif dalam menyampaikan kabar kepada pihak lain sehingga tidak menimbulkan kegaduhan dan turut serta menjadi bagian dari orang-orang menyebarkan kabar bohong.

"Untuk menyikapi kondisi yang demikian, maka perlu adanya gerakan-gerakan yang masif mengajak masyarakat untuk kembali mengedepankan nilai-nilai luhur budaya Indonesia, seperti yang telah dicontohkan oleh para pendiri bangsa ini untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia", jelas Intang.

"Acara Halaqah Kebangsaan yang akan digelar di Aula Ponpes Ar-Risalah Cijeungjing Ciamis itu, rencananya akan menghadirkan pembicara antara lain: Drs. H. Andang Firman, T. MT (Kepala Kesbangpol Kab. Ciamis, Jawa Barat), KH. Fadlil Yani Ainusyamsi (Pengasuh Ponpes Darussalam Ciamis) dan Miming Mujamil (Dewan Kebudayaan Kab. Ciamis). Acara ini terbuka untuk umum, merupakan kerjasama kami dengan Pesantren Ar-Risalah", pungkas Intang mengakhiri keterangannya kepada media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar