Melanjutkan Tulisan Perjalanan Dan Silsilah Prabu siliwangi - Jampang Media

Breaking

Senin, 04 Februari 2019

Melanjutkan Tulisan Perjalanan Dan Silsilah Prabu siliwangi

Melanjutkan Tulisan Perjalanan Dan Silsilah Prabu siliwangi Perjalanan Sang Prabu Siliwangi yang ditulis pada fanspage facebook Paguyuban Laskar Siliwangi Indonesia.


Kisah Prabu Siliwangi sangat dikenal dalam sejarah sunda sebagai Raja Pajajaran. Salah satu naskah kuno yang menjelaskan tentang perjalanan Prabu Siliwangi adalah Kitab Suwasit, yaitu kitab yang ditulis dengan menggunakan bahasa sunda kuno di dalam selembar kulit macan putih yang ditemukan di Desa Pajajar Raja Galuh Jawa Barat.

Prabu Siliwangi seorang raja besar yang pilih tanding, sakti mandra guna, arif dan bijaksana, memerintah rakyatnya di kerajaan Pakuan Pajajaran Putra Parabu Anggalarang atau Prabu Dewa Niskala yang merupakan raja dari Kerajaan Gajah dari Dinasti Galuh yang berkuasa di Surawisesa atau Keraton Galuh ciamis jawa barat.


Pada masa mudanya, Prabu Siliwangi dikenal dengan nama Raden Pamanah Rasa, sejak kecil ia di asuh oleh Ki Gedeng Sindangkasih, seorang juru pelabuahan muara jati dikerajaan singapura (sebelum bernama cirebon).

Setelah raden pamanah tumbuh dewasa dan sudah memiliki cukup ilmu yang diajarkan oleh Ki gedeng sindangkasih, kemudian ia kembali ke kerajaan gajah untuk mengabdi kepada ayah handanya, Prabu AnggaLarang atau Dewa Niskala.

Setelah itu raden pemanah rasa menikahi putri ki gedeng sindangasih yang bernama Nyi Ambet Kasih. ketika itu kerajaan gajah dalam pemerintahan Prabu Dewa Niskala atau Prabu Angga Larang sedang dalam masa keemasannya.

Wilayah kekuasaannya terbentang luas dari Sungai Citarum di karawang yang berbatasan langsung dengan kerajaan sunda, sampai sungai Cimali yang berbatasan dengan Majapahit.

Silsilah Prabu siliwangi sebagai keturunan ke-12 dari maha raja Adimulia. Maharaja Adimulia atau Ratu Galuh Ajar Sukaresi menikahi Dewi Naganingrum atau juga disebut Nyai Ujung Sekarjingga mendapat keturuanan :

Prabu Ciung Wanara berputra:
Sri Ratu Purbasari berputra:
Prabu Lingga Hiang berputra:
Prabu Lingga Wesi berputra:
Prabu Susuk Tunggal berputra:
Prabu Banyk Larang berputra:
Prabu Banyak Wangi berputra:
Prabu Munding Kawati/Prabu Lingga Buana berputra:
Prabu Watu Kencana(Prabu Niskala Wastu Kencana)berputra:
Prau Angga Larang(Prabu Dewata Niskala)menikahi Dewi Siti Samboja/Dewi Rengganis berputra:
Sri Baduga Maha Raja Parabu Siliwangi/Prabu Pamanah Rasa (1459-1521).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar