Proposal Izin Prinsip Pendirian SMK - Jampang Media

Breaking

Kamis, 07 Februari 2019

Proposal Izin Prinsip Pendirian SMK


PENDAHULUAN
1.1              LATAR BELAKANG
Sehubungan dengan upaya mewujudkan dan menindaklanjuti kebijakan Dikmenjur tentang Reposisi Pendidikan Kejuruan menjelang Tahun 2020 mengisyaratkan bahwa arah pembinaan dan pengembangan sekolah berorientasi pada penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat menjadi asset pemerintah daerah dalam rangka otonomi daerah sekaligus mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi dan daya saing untuk menghadapi era globalisasi.

Salah satu kebijakan dan target yang dicanangkan oleh Direktorat pembinaan SMK untuk peningkatan APK, Sekolah Menengah Kejuruan menjadi target dalam peningkatan dan perluasan akses bagi lulusan SMP/MTs ke SMK melalui berbagai macam program seperti USB, SMK kelas Jauh, Rintisan SMK kecil di SMP, SMK besar dan Program akses lainnya.
Untuk itu kiranya perlu dilakukan langkah-langkah strategis khususnya dalam peningkatan animo lulusan siswa SMP/MTs untuk melanjutkan ke SMK. Sejalan dengan hal tersebut pemerintah memiliki target untuk mengubah komposisi jumlah siswa SMK dangan SMA pada tahun 2020 adalah 67% :33%. Dengan adanya target tersebut tentunya berbagai pihak yang peduli terhadap pendidikan terutama pemerintah daerah dan masyarakat didaerah harus berupaya dalam mendukung program tersebut.

                        Kecamatan Cidadap adalah kecmatan yang berada  di Sukabumi selatan dan berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, secara geografis tentunya kurang menguntungkan karena tempatnya jauh dari kota kabupaten, jauh dari Pendidikan SLTA dan tidak ada kendaraan umum  secara rutin. Dari segi pendidikan Kecamatan Cidadap masih kurang, kabanyakannya sampai lulusan SD dan SMP sedangkan yang melanjtkan ke tingkat SLTA hanya sekitar 20% dari 250 orang lulusan SMP dan MTs, karena Kecamatan Cidadap belum ada sarana Pendidikan SLTA, sedangkan kalau mau melanjutkan ke tingkat SLTA masyarakat kecamatan Cidadap harus menyakolahkan anak-anankmya ke Kecamatan Sagaranten, sedangkan jarak dari Cidadap ke Sagaranten sekitar 20 Km, melewati hutan dan kendaraan umum sangat terbatas hanya ada pagi, siang dan sore, tentunya harus berebut dengan penumpang umum dan bahkan duduk diatas atap mobil sudah biasa. Ditambah lagi kalau dimusim hujan perjalanan antara Cidadap dan Sagaranten rawan longsor.
                                    Berdasarkan hal tersebut diatas, Yayasan Wadil Falah yang peduli pendidikan telah mendirikan SMK untuk Tahun Pelajran 2018/2019 Jurusan Agribisnis Budidaya Pertanian. 
Kami menyadari betul konsekuensinya dalam mendirikan SMK Pertanian Wadil Falah sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan dalam praktiknya berkwajiban untuk berperan serta membekali temannya dengan kecakapan hidup ( Life Skill ) secara integrative, yang memadukan potensi generik dan spesifik, guna memecahkan dan mengatasi problema hidup. Kecakapan hidup yang mestinya dimiliki oleh setiap tamatan yang akan terjun ke masyarakat tersebut  antara lain, kecakapan menganal diri (Personal Skill), kecakapan berpikir rasional (Thinking skill), kecakapan sosial (Sosial Skill), kecakapan akademik (Academik Skill) dan kecakapan Kejuruan (Vocational skill).

Disisi lain belakangan ini angka pengangguran semakin tinggi karena adanya krisis dunia pada saat ini. Seperti kita ketahui ada 3 (tiga) hal yang dapat diusulkan untuk mengatasi pengangguran tersebut, yaitu :
1)      Mencari kerja membuka usaha mandiri
2)      Pekerja menggarap sektor perikanan (Kelautan)
3)      Pekerja menggarap sektor pertanian (melalui kegiatan transmigrasi)
Alternatif pertama dimana pencari kerja membuka usaha mandiri adalah suatu langkah yang tepat tetapi susah untuk diwujudkan karena banyak aspek ynag mempengaruhinya antara lainkompetensi dan kemampuan yang dimiliki oleh pencari kerja tersebut masih rendah.
Dalam usaha mewujudkan alternative yang pertama (Pencari kerja membuka usaha mandiri) maka diperlukan suatu pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi pencari kerja yang berusia diatas 15 tahun (Lulusan SLTP) dengan program keahlian yang layak jual dan sangat dibutuhkan dipasar kerja pada era sekarang maupun untuk masa-masa mendatang. Salah satu program keahlian tersebut adalah program Agribisnis dan Agroteknologi.
Program keahlian Agribisnis dan Agroteknologi berhasil yang dikembangkan di SMK Pertanian Wadil Falah berhasil mengembangkan misi pendidikan nasional dan menghasilkan lulusan yang benar-benar berdaya guna dimasyarakat, bilamana terdapat kondisi ideal yang terpenuhi. Diantaranya peralatan praktik yang memadai , Kurikulum (Silabus), diklat yang mutakhir dan tenaga pengajar yang kompeten. Tiga hal inilah yang akan bersama-sama diwujudkan oleh SMK Pertanian Wadil falah dengan dukungan penuh dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Komitmen bersama ini penting guna merealisasikan semua hal yang telah diuaraikan diatas.

1.2              TUJUAN DAN SASARAN PENDIRIAN
1.1.2        Tujuan
a.       Membantu program pemerintah dalam percepatan komposisi SMK dangan SMA menjadi 67% : 33% pada tahun 2020
b.      Memberikan perluasan akses masyarakat /lulusan SMP dan MTs wilayah kecamatan Cidadap dan sekitarnya untuk melanjutkan sekolah ke SMK
c.       Memberikan pendidikan dan pelatihan untuk program keahlian Agribisnis dan Agroteknologi.Agar mereka memiliki kompetensi bidang Administrasi yang masih langka atau jarang.
d.      Menumbuhkan sikap menjadi wira usaha setalah lulus dari SMK Pertanian Wadil Falah.
e.       Mencetak tenaga trampil menjadi pekerja kelas menengah di sektor industri
f.       Mengutamakan penyiapan siswa untuk memenuhi lapangan kerja serta mengambangkan sikap professional.
g.      Agar tamatan SMK memiliki peluang yang semakin besar untuk memasuki lapangan kerjadidalam dan diluar negeri.
h.      Agar tamatan Sekolah Menengah Kejuruan memiliki bekal yang kuat untuk berhasil dalam melakukan usaha mandiri.
i.        Menyiapkan siswa  agar mampu memilih karier, mampu berkompetensi dan mampu mengambangkan diri.
j.        Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan dunia Industri pada saat ini maupun masa yang akan dating.
k.      Menyiapkan tamatan agar menjadi warga Negara yang produktif, adaptif dan kreatif.

1.2.2   Sasaran Pengembangan
a.  Mengoptimalkan proses Kegiatan Belaja Mengajar, karena ditunjang oleh peralatan yang memadai, kurikulum (silabus) yang mutakhir dan tenaga pengajar yang kompeten.
b.   Potensi siswa lulusan SMP/MTs di Kecamatan Cidadap yang cukup besar untuk melanjutkan ke SMK.
c.   Potensi bidang pekerjaan bagi tenaga kerja ahli bidang Administrasi dan Agroteknologi yang terus berkembang.

1.3 VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
            1.3.1 Visi SMK Pertanian Wadil Falah
                   Menjadi sekolah unggulan berwawasan global – sosioekologis, kreatif – inovatif, cerdas berkarya untuk daerah melalui Dunia Usaha/Dunia Industri berlandaskan Iman dan Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
           1.3.2  Misi SMK Pertanian Wadil Falah
a.       Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
b.      Menghasilkan lulusan dengan kompetensi akademik dan kejuruan berstandar nasional/internasional;
c.       Menghasilkan lulusan yang high-recommended untuk Du/Di karena keunggulan komparatif dan kompetitif;
d.      Melakukan adaptasi dan pengembangan IPTEK dunia untuk menunjang pembangunan daerah;
e.        Meningkatkan kualitas manajemen berbasis sekolah yang transparan dan akuntabel;
f.       Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui Pendidikan dan Pelatihan;
g.      Meningkatkan kemitraan dengan Dunia Usaha/Dunia Industri untuk menunjang kualitas Unit Produksi;
h.      Menjaga kelestarian lingkungan melalui program Green-school/Green-ecology berbasis budaya dan kearifan local

        1.3.3   Tujua Smk Pertanian Wadil Falah
a.       Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, disiplin kerja dan ibadah, mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia di seluruh wilayah kecamatan juga yayasan wadil falah mempunyai alumni di berbagi wilayah , sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dari program keahlian yang dipilihnya;
b.      Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karir sesuai bakat/minat, ulet dan gigih dalam pembelajaran (belajar dan bekerja), mampu beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang dipilihnya;
c.       Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
d.      Membudayakan komunikasi berdasar rasa empati baik intra-sekolah maupun dengan masyarakat;
e.       Menanamkan rasa penghargaan dan rasa memiliki (sense of belonging) terhadap sumber dan sarana pembelajaran, baik yang terdapat di lingkungan sekolah maupun di alam sekitar;
f.       Mewujudkan anak generasi alumni pondok pesantren menjadi lebih berkualitas

 1.3.4 Ciri Khas SMK Pertanian Wadil Falah
            1. Semua Siswa mendapatkan materi keagamaan setiap pagi.
            2. Siswa mendapatkan pelajaran pengetahuan agama lebih banyak.

RENCANA PENDIRIAN SEKOLAH
1.      PANITIA PENDIRI
Untuk memperlancar proses pendirian SMK Pertanian Wadil falah, Para pengurus Yayasan jauh-jauh hari telah membentuk kepanitiaan yang terdiri dari :
Nama Yayasan                        : Yayasan Wadil Falah
Pendiri                                     : Daud Falah
Dewan Pembina                      :
1.      Ketua                                : Daud Falah
2.      Anggota                            : Eman Sulaeman
3.      Anggota                            : Ade Heri Ginanjar
DEWAN PENGAWAS                     :
1.      Ketua                                : M. Najmudin
2.      Anggota                            : Zamil
PENGURUS                          :
Ketua                                      : KH. Maknun
Seretaris                                  : Agis
Bendahara                               : Sep Sabik
Kabid-kabid                            :
1.      Kabid Litbank                   : Dikdik Harianto, S.Pd
2.      Kabid Pendidikan             : Mulyono, S. Pd.I
3.      Perencana Program           : Neliyatul Khoeriyah, S.Pd.I
4.      Kabid Advokasi                : Yunus Mulyana, S.P
5.      Kabid Humas                    : Samsun, S.E
6.      Kabid Usaha                     : Beni Bahtiar

2.      DATA POTENSI YANG DIMILIKI
2.1    POTENSI WILAYAH
Letak pendirian SMK Pertanian Wadil Falah di Kampung Sukalillah Rt.012/02 Desa Padasenang Kecamatan Cidadap hal ini dilakukan karena beberapa alasan mendasar yang menjadi acuan Yayasan dalam pendiriannya. Tentunya alasan ini  berdasrka kajian yang mendalam dari berbagai aspek seperti aspek sosial masyarakat, potensi internal maupun eksternal yang dimiliki Yayasan, Peluang keja dan input calon siswa yang akan melanjutkan ke SMK pilihan pendirian berdasarkan kriteria wilayah hal ini mengacu kepada pertimbangan :
1.      Wilayah Kecamatan Cidadap merupakan wilayah pedesaan yang sedang berkembang dimana masyarakatnya mempunyai pekerjaan yang heterogen.
2.      Dikecamatan Cidadap saat ini belum ada sekolah setingkat SLTA maka didirikanlah SMK Pertanian Wadil Falah Jurusan Agribisnis dan Agroteknologi dimana karakteristik pekerjaan membutuhkan lulusan ini.
3.      Banyaknya lulusan SMP/MTs yang ada diwilayah ini, sehingga cenderung melanjutkan ke SLTA.

2.2    POTENSI INTERNAL LEMBAGA
2.1.1         Tenaga Pendidik
No
Kelompok Guru
Jenjang Pendidikan
S-2
S-1
D-3
<D-3
Jumlah
1
Guru Produktif
-
1
-
-
1
2
Guru Adaptif
-
4
-
2
6
3
Guru Normatif
-
4
-
1
5
4
BP dan BK
-
5
-
3
8
              Jumlah
-
15
5
-
20
 
2.1.2         Tenaga Pendidik
No
Kelompok Guru
Jenjang Pendidikan
S-2
S-1
D-3
<D-3
Jumlah
1
Tata Usaha
-
-
2
-
2
2
Bendahara
-
-
-
1
1
3
Urusan Kurukulum
-
1
-
-
1
4
Urusan Kesiswaan
-
1
-
-
1
              Jumlah
-
2
2
1
5

3.      FASILITAS
3.1    Tanah/Lahan Tempat Mendirikan Sekolah
Tanah yang dimiliki SMK Pertanian Wadil Falah Agribisnis dan Agroteknologi Merupakan Tanah Milik SMK Pertanian Wadil Falah dengan Luas 20.000 m3
3.2    Bangunan
Fasilitas gedung/ruang yang dimiliki terdiri dari :
Gedung/Ruang
Jumlah
Luas (M2)
Keterangan
Ruang Teori/Kelas
1
56

Perpustakaan
1
49

TU/Guru
1
40

Laboratorium Soft Ware
1
42

Ruang Ibadah
1
120

Laboratorium Hard Ware
1
42

Gudang
-
-

Business Centre
-
-

Ruang Penjaga Sekolah
-
-

Toilet
1
12

TempatWudhu
1
20

  

3.3    Peralatan Praktik

Jenis Peralatan
Jumlah
Keterangan
Komputer
10 Unit

Peralatan Bengkel
5 Set


4.      Potensi dan Prospek Eksternal
4.1    Jumlah Sekolah, siswa SMP/MTs di Kecamatan Cidadap
Pada bagian ini akan dijelaskan tentang proyeksi jumlah calon siswa yang berminat melanjutkan studi pada program keahlian Agribisnis dan Agroteknologi di Wilayah Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi. Dalam rangka mendapatka data yang akurat, telah dilakukan penelitian kepada para siswa SMP/MTs Kelas IX berkenaan dengan minat melanjutka studike SMK dengan program Keahlian  Agribisnis dan Agroteknologi.
     Sebelum melangkah lanjut untuk mendapatkan gambaran menganai minat siswa melanjutkan ke SMK dengan Program keahlian Agribisnis dan Agroteknologi alangkah baiknya perlu adanya data yang akurat tentang jumlah siswa yang sedang menempuh pendiidkan di SLTP dalam hal ini baik SMP yang dikelola kementrian Pendidikan Nasional maupun MTS yang dikelola oleh Kementrian Agama baik negeri maupun swasta. Setelah dilakukan kajian data jumlah SMP/MTs Negeri/Swata di Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabimi serta jumlah siswa kelas X, XI dan XII untuk tahun 2018/2019 nampak tertera dalam table 3.1 dibawah ini.
Tabel 3.1 Rekapitulasi siswa SMP/MTs TahunPelajaran 2018/2019 di Kecamatan Cidadap
No.
Nama Sekolah
2016/2017
2017/2018
2018/2019
1
SLTPN 1 Cidadap
235
240
267
2
SMP Kleas Jauh Banjarsari
98
112
124
3
MTs Assahiliyah Cidadap
116
113
127
4
MTs Nurul Huda Cidadap
99
80
102
5
SMP Satu Atap Hegarmulya
120
132
139
6
SMP Kelas Jauh Cidadap
-
36
68

Jumlah
668
713
827

            Tabel 3.2 Data Jumlah Sekolah SMP/MTs Tahun Pelajaran 2018/2019 Di Kecamatan Cidadap.
No
Lokasi
Jenis Sekolah
Total
Negeri
Swasta
1
Sekolah Menengah Pertama
1
2
3
2
Madrasah Tsanawiyah
-
2
2

Total Jumlah
1
4
5

            Tabel 3.3 Data Jumlah Siswa Lulusan SMP/MTs dan Jumlah Murid per sekolah Tahun Pelajaran 2018/2019 Di Kecamatan Cidadap.
No
Nama Sekolah
Jumlah
1
SMPN 1 Cidadap
42
2
SMP Kelas Jauh Banjarsari
36
3
MTs Assahiliyah Cidadap
45
4
MTs Nurul Huda Cidadap
44
5
SMP Satu Atap Hegarmulya
40
6
SMP Kelas Jauh Cidadap
33

Jumlah
240

Jumlah murid SMP/MTs Negeri maupun swasta Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi dan disekitarnya menurut trandnya setiap tahun mengalami kenaikan  2% berbanding dengan kenaikan jumlah sekolah (berdasrkan survey yang dilakukan oleh Yayasan Wadil Falah). Secara lebih jelas dapat dilihat pada Tabel dibawah ini.

            Tabel 3.4 Proyeksi jumlah Siswa SMP/MTs baik Negeri maupun Swasta di Kecamatan Cidadap dari Tahun 2014 sampai 2018 dengan asumsi pertumuhan 2%.
Jenis Sekolah
PROYEKSI JUMLAH SISWA SMP DAN MTs BAIK NEGERI MAUPUN SWASTA DI KECAMATAN CIDADAP
TAHUN
2018
2019
2020
2021
2022
SMP/MTs
238
240
245
250
257

4.2    Prospek minat calon siswa melanjutkan ke jenjang Pendidikan SLTA Tahun Pelajaran 2018/2019 Studi minat calon siswa untuk melanjutkan ke SMK di wilayah yang akan didirikan tentunya semagat penting untuk mengetahui sejauh mana minat siswa dengan daya tampung sekolah yang sudah ada di wilayah tersebut. Hal ini berkaitan dengan berkelangsungan operasional sekolah kedepan agar lebih terencana dengan baik. Dalam hal ini penelitian  dilakukan oleh Yayasan Wadil Falah Tahun 2010 dengan mengambil sampel sebanyak 3sekolah dengan 100 responden, perinciannya dihalaman berikut :

Tabel 3.5 Jumlah sampel penelitian minat SMP/MTs  melanjutkan ke jenjang SLTA di Kecamatan Cidadap.
No
Sekolah
Sampel
Minat melanjutkan
Jum Responden
Jum. Siswa
SMA/Aliyah
SMK
1
SMPN 1 Cidadap
33
261
14
19
2
MTs Assahilliyah
33
125
14
19
3
SMP Kls Jauh Banjarsari
34
724
15
19

Total
100
1.110
43
57

Berdasrkan hesil penelitian tersebut didapatkan hasil sebagai berikut :
1.      100 orang yang mengisi Kuisioner, hamper 100% menyatakan berkeinginan untuk melanjutkan sekolah ke tingkat SLTA dan dalam pemilihan bidang umum dan kejuruan diperoleh angka yang diminati yaitu :
Ø  Melanjutkan Ke SMA/Madrasah Aliyah                    = 43%
Ø  MElanjutkan ke SMK                                                 = 57%
2.      Dari yang berminat melanjutkan ke SMK yang mengisi kuisioner dalam pemilihan program keahlian kita juga menanyakan beberapa bidang keahlian yang sesuai dengan potensi wilayah dan kebutuhan tenaga kerja saat ini. Dalam pilihan ini mengabaikan kemampuan biaya orang tua dan daya jangkau sekolah sesuai dengan program keahlian yang diminati. Program keahlian apa yang diminati, kami menawarka 2 bidang keahlian yang sesuai dengan minat dan bakat siswa diperoleh dengan gambaran sebagai berikut :
Ø  Program Keahlian Agribisnis Budidaya Pertanian
Ø  Program Keahlian Agro Tekhnologi Pertanian Agroteknologi

Dari data diatas tersebut terlihat bahwa yang berminat melanjutkan ke SMK lebih banyak dibandingkan dengan yang berkeinginan melanjutkan ke SMA/MA. Diperoleh data dengan perbandingan 57% ingin melanjutkan ke SMK dan 43% ingin melanjutkan Ke SMA/MA. Tentunya untuk meraih rasio 70% SMK dan 30% SMA/MA yang dicanangkan rencana strategis Kementrian Pendidikan Nasional masih jauh.
           4.3  Daya tampung SLTA yang ada di Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi                         Tahun 2011.
                                      Untuk melihat sebaran siswa yang melanjutkan ketingkat SLTA perlu dilakukan penelitian secara menyuluruh dan data yang akurat siswa untuk melanjutkan ke SLTA. Karena Sumber Daya tenaga dan waktu yang relatif singkat dalam menyusun proposal ini maka objek yang dilihat hanya jumlah yang melanjutkan ke SLTA yang ada di wilayah Kecamatan Cidadap. Hal ini dilakukan karena berpengaruh sekali terhadap melihat daya tampung siswa melanjutkan ke SLTA dengan melihat juga program kejuruan yang diminati oleh siswa. Tentunya hal ini untuk melihat sejauh mana kepercayaan masyarakat di wilayah Kecamatan Cidadap terhadap lembaga Pendidikan SLTA.

                          Tabel 3.5 jumlah siswa yang melanjutkan ke tingkat SLTA yang ada di wilayah Kecamatan Cidadap pada tahun 2018sebagai berikut :
No.
Nama Sekolah
2017/2018
2016/2017
2015/2016
1
SLTPN 1 Cidadap
42
39
25
2
SMP Kelas Jauh Banjarsari
36
35
30
3
MTs Assahiliyah Cidadap
45
43
38
4
MTs Nurul Huda Cidadap
44
40
37
5
SMP Satu Atap Hegarmulya
40
35
32
6
SMP Kelas Jauh Cidadap
33
25
27

Jumlah
240
217
189

            Saat ini siswa SMP/MTs yang melanjutkan ke SLTA yang ada di wilayah Kecamatan Cidadap masih dominan melanjutkan ke SMK Sagaranten. Hal ini bisa dikatakan karena SMK Pertanian Wadil Falah memiliki hanya 2 Program Keahlian. Banyak factor yang memepengaruhi pilihan tersebut diantaranya fasilitas di SMK yang berada di Kecamatan Sagaranten lebih baik, informasi yang kurang tentang pendidikan di SMK.


PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) SMK Pertanian Wadil Falah lebih mengedepankan prioritas utama pada pengembangan iklim akademik dan sarana prasarana yang mendukungnya. Setiap prioritas yang diambil dalam langkah pengembangan selalu akan direview secara berkala sesuai dengan iklim dan kemampuan lembaga dalam menetapkan sasaran-sasarannya.
Sasaran-sasaran pembangunan seperti dikemikakan sebelumnya selalu mengacu akan manajemen sekolah dan sejalan dengan kebjakan pemerintah dan regulasi Pendidikan SMK di Indonesia. Sehungga kami menyimpulkan bahwa Rencan Induk Pengembangan ini sangat relitas dengan kemampuan lembaga pada saat ini dan 5 (lima) tahun yang akan dating.

B.     SARAN
Untuk selanjutnya sebaiknya disususn lebih jauh lagi hal-hal yang belum tergali dalam rencana Induk Pengembangan ini. Untuk memetakan jangka panjang perlu ada usulan Pembuatan Rencana Induk Pengembangan 10 (sepuluh) tahun sampai 15 (lima belas) tahun yang akan datang agar pemetaan sekolah lebih jelas dan berkesinambungan dalam setiap langkah pengembangan.

1 komentar: