IJAZAH, Semangat Ruhani Yang Meredup - Jampang Media

Breaking

Minggu, 09 Juni 2019

IJAZAH, Semangat Ruhani Yang Meredup

Ditulis oleh : Henda Pribadi

MediaJampang.co.id
,-
Dalam tradisi pesantren atau sekolah-sekolah tempo dulu, istilah ijazah (lulus) menjadi hal yang sangat ditunggu dan dirindukan oleh murid atau santri. Begitupun guru dalam akhir masa belajar satu kitab atau pelajaran selalu di ijazah.

Hal ini memberi semangat psikologis dan daya juang bagi santri atau murid untuk segera menyelesaikan pelajaran atau pengajian sebuah kitab.

Tradisi itu umumnya dilakukan di pesantren. Bahkan kalau ada istilah pasaran di bulan Ramadhan untuk mengkaji kitab tertentu suka diakhiri dengan ijazah.

Berbeda dengan pendidikan formal kini, pendidikan formal tempo dulu menggunakan istilah ijazah. 

Lihatlah apa yang terjadi.  Murid-murid merasa kedekatan, kehangatan, dan hormat kepada guru menjadi luar biasa karena ilmu yg diterima ingin bermanfaat. 

Seluruh pelajaran dituangkan dalam nilai ijazah tadi. Guru memberi support kepada murid agar ilmu dapat diterima dan bermanfaat.

Mohon ditelaah ulang di sekolah pengistilahan mengalami pergeseran, dengan STTB,  kelulusan dan lainnya. Mungkinkah penggagas pendidikan dulu menggunakan nomenklatur ijazah... Atau maksud lain. Wallahu a'lam.

Ritual ijazah  :
Guru membacakan bacaan yang diberikan, murid membacakan ulang, kemudian dilanjutkan kata-kata ijab dari guru, dan qobul dari murid.

Ini luar biasa... Selamat mencoba !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar