Dalam Kegiatan TMMD, Dinkes Kota Sukabumi Berikan Penyuluhan Kesehatan Jiwa Kepada Masyarakat - Jampang Media

Breaking

Selasa, 16 Juli 2019

Dalam Kegiatan TMMD, Dinkes Kota Sukabumi Berikan Penyuluhan Kesehatan Jiwa Kepada Masyarakat

Reporter : Herdi Hustaman
Penyuluhan Kesehatan jiwa di Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi
MediaJampang.co.id, Kota Sukabumi,- Program Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 105 Kodim 0607/ Kota Sukabumi yang dilaksanakan di kampung Tegal panjang, Kelurahan cikundul, Kecamatan Lembursitu ini selain pembangunan fisik pembuatan jalan baru, ada juga non fisik, diantaranya penyuluhan kesehatan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi.

Penyuluhan kesehatan kepada masyarakat yang dilakukan bersama Dinas Kesehatan Kota Sukabumi tersebut bertempat di Puskesmas Cikundul di jalan merdeka, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Selasa (16/07/2019).

Materi ini di sampaikan oleh Indra Permana, Skm. dari dines kesehatan Kota Sukabumi. kali ini memberikan penyuluhan masalah Kesehatan Jiwa Masyarakat. Yaitu masalah Kesehatan jiwa yang ada pada masyarakat. yang menyangkut penyakit masa lalu sekarang dan yang akan datang, dapat mengenai siapapun, terdapat dimana mana didunia, tidak ada manusia atau masyarakat dan budaya yang bebas dari gangguan jiwa. Tapi kenyataanya banyak yang  mengingkari dan menolak untuk mengetahui dan tidak mau tahu. Hal ini disebabkan karena pergeseran nilai nilai,kenyataan strees,masalah psikososial, kepribadian,keluarga dan orang orang tua yang over protektif.

Definisinya adalah rasa hina yang timbul karena menyandang penyakit yang secara sosial memalukan.

Upaya yang harus dilakukan untuk mengurangi penyakit ini adalah melalui penyuluhan pada masyarakat tentang kesehatan jiwa oleh semua stake holder. Masyarakat proaktif memberikan informasi tentang peyimpangan perilaku kepada pihak yang berwenang. memberikan hukuman sosial kepada pelaku. mendidik anak untuk berperilaku sopan santun dan menjauhi perilku menyimpang "  tegasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 warga cikundul dan dihadiri oleh Pasiter Kodim 0607/ Kota Sukabumi Kapten Arm Mahtom Tohari.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar