Danrem 061/Suryakencana Sambangi SMAN 1 Kota Sukabumi - Jampang Media

Breaking

Jumat, 26 Juli 2019

Danrem 061/Suryakencana Sambangi SMAN 1 Kota Sukabumi

Reporter : Akoy Khoerudin
Danrem 061/SK Kolonel Inf Novi Helmy Prasetyo tengah, tiba di SMA Negeri 1 Kota Sukabumi pada giat Pembinaan dan Wawasan Kebangsaan pada rangkain TMMD 105 kodim 0607/Kota Sukabumi, Jumat (26/7/2019).
mediajampang.co.id, Kota Sukabumi,- Masih dalam rangkaian kegiatan TMMD 105, Kodim 0607 Cikundul, Lembursitu, Kota Sukabumi, Danrem 061/SK Kolonel Inf Novi Helmy Prasetyo, menyambangi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri1 Kota Sukabumi, di Jl. RH.Didi Sukardi No.124 Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jumat,  26 Juli 2019.

Hadir pada kesempatan itu, Letkol Inf Asep Muspika, Kasi Ter Rem 061/SK, Mayor Inf Ermansyah, Kapenrem 061/SK, Mayor Chb R. Choerul/Kasdim 0607/Kota Sukabumi,  Kapten Inf Diyan, Pasi Intel Rem 061/SK, Asep Sukanta,  Kepsek SMAN 1 kota Sukabumi,  Ketua Komite Nandang dan Siswa-Siswi se Kota Sukabumi. 

Dalam kunjungannya kali ini Danrem melakukan Pembinaan dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dihadapan kurang lebih 600 Siswa dan Siswi SMA/SMK sederajat yang ada di Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya Danrem Novi Helmy Prastyo menyampaikan, kondisi bangsa Indonesia saat ini tidak bisa lepas dari pengaruh bangsa asing. Pasalnya, kecanggihan tekhnologi pada era globalisasi yang semakin maju, seperti yang kita hadapi sekarang ini. Maka dari itu, dirinya memaparkan tentang pentingnya Wawasan Kebangsaan terhadap para siswa-siswi supaya anak muda faham dan selalu mengingat sejarah bangsa Indonesia.

Antusiasme siswa-siswi SMA/SMK sederajat di Kota Sukabumi dalam mengikuti pembinaan Wawsan Kebangsaan di Gedung SMA negeri 1 Kota Sukabumi.
"Perlu adek adek ketahui, persatuan dan kesatuan serta pembangunan nasional yang maju itu dari ketahanan nasional yang kuat. Maka dari itu, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara menjadi sangat penting," ujarnya.

"Jati diri kita atas bangsa ini sudah mulai luntur. Perkembangan global, regional sangat mempengaruhi terhadap perkembangan nasional. Maka dari itu pengembangan Wawasan dan Kebangsaan begitu penting. Sebab, kini terlihat mulai luntur, bangsa kita sudah mulai krisis moral, pengaruh bangsa luar serta dalam negeri sendiri cukup kuat. Untuk membangun kembali semua menjadi stabil harus diperkuat oleh Wawasan Kebangsaan yang berkesinambungan," jelasnya.

Lanjut Novi Helmy Prastyo, permasalahan sosial dan budaya saat ini sudah semakin menghawatirkan. Generasi milenial makin tidak terarah, kebiasaan menggunakan Gadget sudah menyandu, dan sangat khawatir berdampak luas timbulnya penyakit masyarakat bakal bertambah.

"Banyak contoh: prostitusi online sekarang bisa lewat media sosial, transaksi narkoba, judi, budaya barat mudah diserap sehingga budaya lokal mulai terabaikan. Nah,  ini suatu ancaman besar bagi bangsa ini. Blom lagi maraknya saat ini soal cyber crime,  hoax atau ujaran kebencian, konflik sosial, dan yang paling penting harus diwaspadai radikalisme dan terorisme," jelas Danrem.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota Sukabumi Asep Sukanta mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi terhadap Danrem 061/Surya Kencana atas kepedulian bagi dunia Pendidikan khususnya Kota Sukabumi.

"Terima kasih kepada Bapak Danrem sudah datang di Sekolah kami ini. Tentunya untuk Wawasan Kebangsaan dan Pembinaan terhadap siswa siswi sebagai generasi bangsa cukup penting sekali," sambut Asep.

Asep menambahkan, "Ini merupakan kali pertama Danrem061/SK kunjungi Sekolah SMAN 1 selama kurun waktu 30 tahun ke belakang. Yang sebelumnya juga Bapak Jokowi sudah mengunjungi Sekolah SMA negeri 1 Kota Sukabumi ini," katanya.

Asep menilai, dengan kemajuan ilmu dan teknologi tentunya jangan sampai semangat patriotisme serta jiwa nasionalisme harus berkurang. Namun dengan adanya Wawasan Kebangsaan dan Pembinaan secara continue rasa itu diharapkan tumbuh bersemi banyak bagi generasi milenial bangsa Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar