LSM KOMPAK Gelar Audiensi Dikejaksaan Terkait SOP TP4D - Jampang Media

Breaking

Kamis, 29 Agustus 2019

LSM KOMPAK Gelar Audiensi Dikejaksaan Terkait SOP TP4D

Kajari Cibadak Alek Sumarna  (tengah) saat foto bersama anggota LSM KOMPAK
Mediajampang.co.id, Cibadak,- Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Koalisi Masyarakat Pengawal Konstitusi (KOMPAK) menggelar audiensi di Kejaksaan Negeri Cibadak Sukabumi, Rabu 28 Agustus 2019.

Kedatangan LSM KOMPAK pada audiensi tersebut, mempertanyakan Standar Operasional Prosedur (SOP) Tim Pengawal  Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4D) Kejaksaan Negeri Cibadak Sukabumi sebagaimana fungsinya. Mereka diterima langsung oleh Kepala Kejaksaan Alex Sumarna di ruang rapat Kejaksaan Negeri Sukabumi.

Audiensi berlangsung tertib serta berjalan lancar yang dimulai pukul 10:00 Wib sampai pukul 12:00 Wib.

Sekretaris Jendral (Sekjen) LSM KOMPAK Dadang Zamaludin  mengatakan, audiensi tersebut merupakan salah satu visi-misi LSM KOMPAK dalam menjalankan kinerjanya. Dari pertemuan itu, mereka mempertanykan kepada pihak Kejaksaan dasar hukum TP4D, serta SOP TP4D sebagai kontrol. Antara lain, sesuai regulasi bahwa banyak ditemukan kejanggalan kejanggalan dilapangan yang berhubungan dengan fungsi kerja TP4D Kejaksaan Negeri Cibadak Sukabumi.

Sumber foto : Aris Wbs
"Ya, salah satu contoh, bahwa pencairan proyek itu kan harus ada rekom dari TP4D. Nah, sementara itu ada banyak kami temukan tidak sesuai regulasi yang ada. Maka kami menduga, bisa terjadi adanya ruang kong kalikong," kata Dadang Zamaludin, kepada Wartawan Rabu (28/8) usai audiensi di Kejaksan Negeri Cibadak Sukabumi.

Lanjut Dadang, sesuai dasar hukum bahwa di setiap papan proyek TP4D diduga ada banyak kesempatan untuk melakukan kecurangan. Maka dari itu sejauh mana pengawasan lembaga TP4D bisa menjamin bahwa tidak ada penyalah gunaan pada setiap pelaksanaan pekerjaan. Baik pekerjaan dibidang kontruksi maupun bidang infrastruktur disetiap pelaksanaan dilapangan.

"Ya, selalu banyak celah kejahatan,  kecurangan, jika tidak selalu diawasi," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Cibadak Sukabumi Alex Sumarna, merespon baik dari maksud kedatangan rekan LSM KOMPAK untuk mau melajukan audiensi. Hal itu sangat membantu dirinya agar institusi hukum bisa lebih baik lagi dalam menjalankan tugas dan fungsinya tidak menyalah gunakan wewenang yang diembannya.

"Jika ada penyalahgunaan wewenang dari oknum kejaksaan, atau tidak pidana korupsi laporkan langsung ke meja saya," tegas Alex.

Aris wbs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar